Tarian Suku Ainu Batal Mentas di Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo

Senin, 24 Februari 2020 - 01:01 WIB
Tarian Suku Ainu Batal Mentas di Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo
Tarian Suku Ainu Batal Mentas di Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo
A A A
TOKYO - Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 batal mementaskan tarian daerah khas suku Ainu. Keputusan tersebut direspons dengan perasaan kecewa oleh para penarinya.

Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo rencananya digelar di Olympic Stadium, 24 Juli 2020. Salah satu yang akan dipentaskan adalah tarian dari suku Ainu, tetapi belakangan rencana itu batal.

Anggota komunitas Ainu, yang berencana ambil bagian dalam tarian tersebut, mengaku kecewa dengan kebijakan tersebut. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis panitia penyelenggara, pembatalan disebut terjadi akibat kendala logistik.

"Sayangnya, pertunjukan tarian Ainu tidak dapat dimasukkan (dalam acara, red) karena kendala logistik yang terkait dengan upacara," tulis pernyataan tersebut, dikutip Inside The Games.

Sekadar informasi, sudah sejak lama masyarakat suku Ainu mengalami masalah diskriminasi di Jepang. Menurut sejumlah sumber tertulis, diduga terdapat 150 ribu orang Ainu di Jepang yang menyembunyikan identitasnya karena masalah etnis.

Secara hukum, Ainu sebagai masyarakat adat Jepang. Pada akhir tahun 2019, masyarakat Ainu pelan-pelan menampilkan eksistensi mereka, terutama setelah pemerintah Jepang membuka The National Ainu Museum and Park di Hokkaido, Sapporo.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9366 seconds (0.1#10.140)