alexametrics

Turnamen Meksiko Terbuka

Hadapi Dimitrof di Semifinal, Nadal Patut Waspada

loading...
Hadapi Dimitrof di Semifinal, Nadal Patut Waspada
Rafael Nadal. Foto/ATP
A+ A-
ACAPULCO - Gelar pertama musim ini tampaknya tidak akan diraih dengan mudah oleh Rafael Nadal. Petenis nomor dua dunia itu bakal menghadapi Grigor Dimitrov (Bulgaria) pada laga semifinal Turnamen Meksiko Terbuka di Princess Mundo Imperial, hari ini.

Nadal memang menjadi unggulan teratas dan favorit peraih trofi di kejuaraan itu. Apalagi, dia belum kehilangan satu set pun, termasuk saat mengalahkan petenis Korea Selatan Soon Woo-kwon 6-2, 6-1 di perempat final, kemarin.

Pencapaian itu menunjukkan jika dirinya dalam performa terbaik dan semakin dekat dengan gelar ketiganya di Acapulco setelah sebelumnya menjadi juara pada 2005 dan 2013.



Namun, perjalanannya akan sedikit berat mengingat lawannya adalah Dimitrov di laga berikutnya. Apalagi, lawannya itu baru menyingkirkan unggulan ketiga asal Swiss Stan Wawrinka dua set langsung 6-4, 6-4. Kemenangan itu sekaligus membuat juara Meksiko Terbuka 2014 ini mengakhiri lima kekalahan beruntun dari lawannya tersebut dan meningkatkan rekornya menjadi 11-2 selama tampil di ajang itu.

Kondisi tersebut membuat Nadal patut waspada terhadap Dimitrov. Namun, petenis kidal ini tetap diunggulkan untuk meraih kemenangan di pertandingan nanti. Karena, dia memiliki rekor head to head yang sangat mengesankan.

Dari 13 pertemuannya, Nadal hanya menderita sekali kekalahan dari Dimitrov yang terjadi pada empat tahun lalu di Beijing. Meski begitu, petenis berusia 33 tahun ini tidak akan meremehkan lawannya dan berusaha bermain baik.

“Dia (Dimitrov) menyelesaikan tahun lalu jauh lebih baik dibandingkan dia memainkan sisa musim. Dia mulai bermain dengan bagus dan menunjukkannya di sini serta memenangkan beberapa pertandingan yang sangat baik. Saya akan membutuhkan yang terbaik. Saya berharap saya siap mewujudkannya,” kata Nadal, dilansir atptour.

Sementara itu, Dimitrov masih terus berjuang mengatasi mental bertandingnya selama sepekan ini. Dia mengaku tampil kurang konsisten terutama saat mengalahkan petenis Prancis Adrian Mannarino di babak kedua. Petenis berusia 28 tahun itu sempat kalah di set pertama meski merebut dua set terakhir untuk merebut kemenangan.

Bukan hanya itu, keberhasilan Dimitrov bisa menembus ke semifinal merupakan pencapaian terbaiknya pada tahun ini. Sebelumnya, dia selalu tampil mengecewakan pada tiga turnamen di Australia Terbuka (babak kedua), yakni Marseille Terbuka (babak pertama), dan Rotterdam Terbuka (babak kedua). Ketika itu, dia juga kalah dari petenis berperingkat dunia di bawahnya.

Jelas, kemenangan atas Wawrinka bakal menambah semangatnya untuk bisa bangkit dari masa keterpurukannya itu. Apalagi, peringkat dunianya sekarang tengah merosot ke posisi 20 atau yang terburuk dalam lima tahun terakhir. Karena itu, dia berharap bisa mempertahankan penampilan terbaiknya saat menghadapi Nadal di pertandingan nanti.

“Beberapa bulan terakhir ini sangat kasar bagi saya. Yang ingin saya lakukan adalah menempatkan diri saya dalam situasi untuk memainkan yang terbaik dari yang terbaik. Tapi, saya masih jauh dari kata puas. Saya masih harus fokus pada hal-hal yang saya coba kerjakan dan melakukan yang seharusnya dilakukan,” ucap Dimitrov. (Raikhul Amar)
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak