alexametrics

Manchester City Incar Trofi Ketiga Beruntun Musim Ini

loading...
Manchester City Incar Trofi Ketiga Beruntun Musim Ini
Pemain Manchester City merayakan kemenangan. FOTO/GETTY IMAGE/TELEGRAPH
A+ A-
LONDON - Piala Liga menjadi trofi pertama yang mungkin mengisi lemari Manchester City (Man City) musim ini. Menghadapi Aston Vila di final yang berlangsung di Wembley Stadium, 1 Maret nanti, The Citizens berstatus favorit.

Hal itu didasari fakta di mana Man City merupakan juara dua musim sebelumnya (2017/2018 dan 2018/2019). Tidak hanya itu, mereka tergolong dominan di Piala Liga lantaran mengoleksi empat trofi dalam tujuh tahun terakhir.

Motivasi semakin tinggi karena Man City berpeluang menjadi tim kedua sepanjang sejarah yang meraih trofi Piala Liga tiga musim berturut-turut setelah Liverpool. The Reds melakukannya periode 1981 hingga 1984.



Bermodalkan kemenangan 2-1 atas Real Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (27/2), pasukan Pep Guardiola jelas diunggulkan menjadi pemenang. Piala Liga menjadi opsi realistis mendulang gelar musim ini, selain Piala FA dan Liga Champions. Sementara di Liga Primer, The Citizens hampir mustahil karena tertinggal 22 poin dari Liverpool.

Karena itu, gelandang Kevin de Bruyne mengatakan Guardiola akan menerapkan strategi terbaik dan terkadang tidak terbayangkan seperti saat menempatkannya sebagai striker bersama Bernardo Silva dan Gabriel Jesus di sisi sayap kiri ketika melawan Madrid.

De Bruyne mengindikasikan Man City akan total untuk menjuarai Piala Liga. Kebetulan The Citizens didukung statistik di mana mereka tidak terkalahkan dalam tujuh pertemuan terakhir di semua kompetisi melawan Villa (enam menang, satu imbang). Armada besutan Dean Smith juga datang ke Wembley dengan keadaan compang-camping. Jack Grealish dkk mengalami tiga kekalahan beruntun di Liga Primer.

“Saya pikir dalam empat tahun di sini bersama Guardiola, kami memiliki beberapa kejutan dan bahkan para pemain. Kami tidak mengetahui sampai pertandingan dimulai apa yang perlu kami lakukan. Sekarang, kami memiliki final Piala Liga melawan Villa dan kami harus siap,” ungkap De Bruyne, dilansir theguardian.com.

Jika Man City melakoni final Piala Liga, rival sekota Manchester United (MU) terus memburu posisi empat besar Liga Primer. The Red Devils akan tandang ke Goodison Park, markas Everton, pada lanjutan Liga Primer.

MU mengincar kemenangan guna memberikan tekanan kepada Chelsea yang menempati urutan keempat klasemen sementara dengan 44 poin. Harry Maguire dkk hanya tertinggal satu poin.

Hasrat besar MU membawa pulang tiga poin terlihat dari laju impresif mereka yang belum terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir di semua kompetisi, termasuk saat menghancurkan Club Brugges KV 5-0 di leg kedua babak 32 besar Liga Europa, Jumat (28/2). Lima gol MU masing-masing disumbangkan Bruno Fernandes (27-pen), Odion Ighalo (34), Scott McTominay (41), dan Fred (82,90+3).

MU pun lolos ke babak 16 besar dengan agregat 6-1 sekaligus mewakili Inggris bersama Wolverhampton Wanderers yang menang agregat 7-2 atas Espanyol. Sementara Arsenal tersingkir karena kalah produktivitas gol tandang dari Olympiacos dengan agregat 2-2.

“Saya sangat senang dengan kemenangan atas Brugge. Kami melakukan rotasi dan pemain mendapatkan kesempatan tampil. Tapi, ketika Anda mencetak lima gol dan bermain seperti ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri. Ketika mereka kehilangan satu pemain (Simon Deli) karena kartu merah di menit ke-22, pertandingan menjadi milik kami,” ujar Solskjaer.

Secara khusus Solskjaer memuji Fernandes yang total dalam empat pertandingan dengan mencetak dua gol dan dua assist. Sementara Ighalo menjadi pemain pertama Nigeria sepanjang sejarah yang mencetak gol untuk MU. Dia menilai keduanya telah memberikan dampak besar terhadap permainan The Red Devils.

Ighalo mungkin akan kembali menjadi starter untuk kedua kalinya bagi MU saat melawan Everton lantaran Anthony Martial kurang fit. Bomber asal Prancis tersebut juga tidak masuk skuad menghadapi Brugge.

“Dia tidak terlalu fit dan mengalami sedikit cedera di sesi latihan (Kamis). Saya belum tahu seberapa parah cederanya. Semoga Martial segera pulih,” sebut Solskjaer.

Sementara itu, pada pertandingan Liga Primer lainnya, Liverpool akan bertandang ke Vicarage Road, markas Watford FC, dini hari nanti. Kemenangan bakal membuat The Reds melebarkan jarak menjadi 25 poin dengan Man City yang pertandingannya melawan Arsenal ditunda lantaran melakoni final Piala Liga. Saat ini, armada Juergen Klopp memimpin klasemen sementara Liga Primer (79 poin). (Alimansyah)
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak