Uji Mental Garuda Muda di Laga Perdana Melawan Bulgaria

Sabtu, 05 September 2020 - 17:03 WIB
loading...
Uji Mental Garuda Muda di Laga Perdana Melawan Bulgaria
Foto/PSSI
A A A
JAKARTA - Mencari pengalaman dan melatih mental. Misi ini diusung tim nasional Indonesia U-19 pada International U-19 Friendly Tournament 2020. Karena itu, melawan Bulgaria pada laga perdana, skuad Garuda Muda memilih bermain tanpa beban dan fokus pada soliditas tim.

Hitung-hitungan di atas kertas, Witan Sulaeman dkk kalah kualitas dibandingkan Bulgaria saat kedua tim bentrok Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, nanti malam. Sebagai perbandingan pada level senior, Lavovete—julukan timnas Bulgaria—kini bertengger di peringkat 59 FIFA.

Peringkat ini terpaut jauh dengan timnas Indonesia yang berada di peringkat 163 dunia. Untuk kelompok usia 19 tahun, prestasi Bulgaria juga sangat mentereng. Tiga kali meraih status raja Eropa masing-masing pada 1959, 1969, dan 1973. (Baca: Usai Diperika oleh Dewan Pengawas KPK, Firli Bahuri Memilih Bungkam)

Meski absen dalam dua edisi terakhir Piala Eropa, bukan berarti skuad besutan Angel Stoykov itu lawan mudah. Terbukti, pada laga perdana laga International U-19 Friendly Tournament 2020, tuan rumah Kroasia dipaksa bekerja keras sebelum akhirnya menang dengan skor 3-2.

Agresivitas permainan dan kemampuan individu yang didukung keunggulan postur akan kembali menjadi andalan Bulgaria kala menghadapi timnas Indonesia. Garuda Muda akan ditantang untuk meredam serangan lawan yang notabene jauh lebih berpengalaman.

Laga ini juga akan menjadi pertandingan kompetitif pertama skuad Garuda Muda sejak proses pembentukan tim dimulai Januari lalu. Sejauh ini, sejak ditangani Shin Tae-yong, timnas U-19 baru menghadapi tim-tim asal Korea Selatan dalam laga uji coba di sela pemusatan latihan di Thailand.

Karena itu, melawan Bulgaria akan menjadi ajang bagi tim pelatih untuk menilai progres peningkatan pemain, baik dari segi fisik maupun teknik selama mengikuti pemusatan latihan di Jakarta yang kemudian dilanjutkan di Kroasia.

Pelatih Tae-yong menyatakan tidak akan memusingkan hasil pertandingan malam nanti. Menurut dia, dari hasil analisis pertandingan melawan Kroasia, Bulgaria merupakan tim kuat dengan keunggulan postur tubuh tinggi besar.

Tidak hanya itu, secara fisik, kebugaran pemain calon lawan juga sangat bagus. Tae-yong mengatakan kelebihan calon lawan akan menjadi bekal pengalaman kepada pemainnya saat menghadapi event sesungguhnya, yakni Piala Asia U-19.

Tidak hanya itu, lawan yang kuat akan membentuk mental bermain timnas karena skuad Garuda Muda diprediksi akan bermain di bawah tekanan. Karena itu, pelatih asal Korsel itu berharap melawan Bulgaria, timnas U-19 bisa menunjukkan mental bermain pantang menyerah. (Baca juga: Memanas, Rusia Bakal Gelar Latihan di Laut Mediterania)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2820 seconds (0.1#10.140)