Nations League Jadi Kesempatan Pemain Muda Three Lions

Sabtu, 05 September 2020 - 15:05 WIB
loading...
Nations League Jadi Kesempatan Pemain Muda Three Lions
Foto/dok
A A A
REYKJAVIK - Laga perdana UEFA Nations League Grup A 2 melawan Islandia di Stadio Laugardalsvollur, nanti malam, menjadi momentum bagi Inggris untuk mengoptimalkan kedalaman skuadnya. The Three Lions siap memberikan kesempatan kepada para pendatang baru.

Untuk dua pertandingan Grup A 2 melawan Islandia dan Denmark, Rabu (9/9), Pelatih Gareth Southgate menyertakan tujuh pemain anyar dalam skuadnya, yakni Dean Henderson, Conor Coady, Phil Foden, Jack Grealish, Ainsley Maitland-Niles, Kalvin Phillips, dan Mason Greenwood. (Baca: Usai Diperika oleh Dewan Pengawas KPK, Firli Bahuri Memilih Bungkam)

Mereka berpeluang melakoni debut bersama tim senior Inggris. Yang mencuat tentu adalah Foden, 20, dan Greenwood, 18. Keduanya yang tampil untuk skuad U-21 besutan Aidy Boothroyd selama jeda internasional terakhir pada November 2019, telah diberi penghargaan atas penampilan luar biasa mereka sejak Liga Primer dimulai kembali pada Juni lalu.

Foden, misalnya. Dia tampil 38 kali dan mencetak delapan gol. Foden turut andil membantu The Citizens menjuarai Piala Liga musim lalu. Begitu juga dengan Greenwood yang tampil impresif bersama Manchester United (MU). Dia mencetak 17 gol dalam 53 penampilan. Hal itu membuat Southgate percaya bahwa ini merupakan waktu yang tepat bagi keduanya untuk naik kelas ke tim senior.

“Mereka telah terlibat dengan tim Inggris di level yunior sehingga terbiasa datang ke sini menjadi bagian dari tim Inggris. Ini adalah langkah maju. Tapi, mereka lebih dari mampu. Anda selalu bertanya kepada para pemain muda itu tentang waktu yang tepat untuk meningkatkan mereka. Kami merasa sekarang adalah waktu yang tepat,” ungkap Southgate, dilansir thefa.com.

Southgate berharap Foden dan Greenwood dapat beradaptasi dengan baik sehingga bisa melebur bersama pemain-pemain Inggris lainnya agar maksimal jelang Piala Eropa tahun depan.

“Piala Eropa bergulir tahun depan. Mari lihat apakah mereka bisa mulai masuk ke tim dan masuk ke dalam skuad. Itu memberi kami persaingan hebat di dalam tim untuk memperebutkan tempat. Mereka (Foden dan Greenwood) adalah penantang yang realistis,” tandas Southgate. (Baca juga: memanas, Rusia Bakal Gelar Latihan di Laut Mediterania)

Keberadaan Foden dan Greenwood memberikan alternatif terutama dalam permainan menyerang Inggris. Namun, sebagai starter, Southgate kemungkinan akan menurunkan trio Harry Kane, Jadon Sancho, dan Raheem Sterling. Sementara Foden akan berkoordinasi dengan Declan Rice dan Mason Mount. Di lini belakang, Nick Pope akan menggantikan Jordan Picford sebagai penjaga gawang utama.

Inggris jelas ingin membayar rasa kekecewaan mereka pada musim pertama Nations League setelah hanya menempati posisi ketiga. The Three Lions bertekad meraih kemenangan atas Islandia sekaligus modal positif sebelum melawan Denmark.

Kendati diunggulkan, Inggris harus mewaspadai Islandia. Pasukan Erik Hamren menjadikan pertandingan Nations League sebagai pemanasan mengingat mereka masih berjuang untuk tiket Piala Eropa. Islandia akan menghadapi Rumania di semifinal playoff kualifikasi pada 8 Oktober menjelang kemungkinan bentrokan melawan Bulgaria atau Hungaria di final pada November. (Baca juga: 5 Camilan Malam yang Enak, juga Menyehatkan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)