alexametrics

Galang Dana Perangi Wabah Corona

Lelang Jersey Atlet Nasional untuk Pengadaan APD Tenaga Medis

loading...
A+ A-
JAKARTA - Minim alat pelindung diri (APD) dan rawan tertular virus corona. Situasi ini dihadapi tenaga medis, baik perawat maupun dokter Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19. Mereka berjibaku menangani pasien yang terus bertambah setiap hari.

Fakta ini yang kemudian menggugah pemain PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar untuk turut terlibat dalam menanggulangi persebaran virus corona. Bukan dengan terjun langsung, melainkan menggalang dana untuk membantu pengadaan APD bagi tenaga medis.

Jika pemain-pemain sepak bola top Eropa langsung menyumbangkan dana, berbeda dengan Asnawi. Bek sayap tim nasional Indonesia itu memilih melelang jersey bersejarah miliknya. Dua kostum timnas yang dikenakannya pada Piala AFC 2018 saat melawan Jepang dan menghadapi Vietnam di SEA Games 2019 lalu.



Satu jersey lainnya, yakni kostum Pasukan Ramang bernomor punggung 14 miliknya. Untuk jersey timnas, putra legenda PSM Makassar Bahar Muharram itu membuka pada harga Rp5 juta. Sementara untuk seragam tim Juku Eja dilelang mulai dari harga Rp2,5 juta. Seluruh kostum tersebut dilengkapi tanda tangan Asnawi.

“Sebagai bentuk kepedulian, saya adakan lelang jersey timnas dan PSM Makassar lengkap dengan tanda tangan. Hasil lelang sepenuhnya akan disumbangkan untuk keperluan pengadaan masker dan hand sanitizer bagi tenaga medis,” tulis Asnawi, lewat akun Instagram-nya.

Pemain berusia 20 tahun itu memberi kesempatan bagi fans maupun masyarakat untuk mengajukan penawaran atas lelang jersey miliknya hingga Sabtu (28/3/2020) siang. Penawar tertinggi dipastikan akan mendapatkan kostum bersejarah tersebut. “Virus corona semakin berbahaya dan bisa mengancam semua orang. Jaga jarak dan tetap jaga kesehatan,” tuturnya.

Lelang jersey juga dilakukan pemain basket dari tim Amartha Hang Tuah Jakarta Abraham Wenas. Dua jersey yang dilelangnya tidak kalah bersejarah. Pertama, kostum putih yang digunakannya ketika meraih predikat Rookie of the Year pada musim kompetisi 2017/2018. Kedua, jersey berwarna kuning yang dikenakannya pada musim 2018/2019 dan mengantarnya masuk dalam IBL All Star.

“Tidak semua bisa melakukan pekerjaan di rumah. Banyak pekerja sektor informal yang harus tetap bekerja dari luar untuk memastikan dapur tetap berjalan. Padahal, mereka rawan terinfeksi korona. Karena itu, saya mau melelang dua jersey Amartha Hang Tuah resmi yang pernah saya gunakan untuk membantu keperluan melawan Covid-19,” tulis Abraham.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi langkah sejumlah klub dalam mengantisipasi persebaran dan penanganan wabah virus corona. Iriawan mengajak semua insan persepakbolaan Indonesia untuk bersama merapatkan barisan melawan Covid 19 seperti yang diserukan pemerintah.

“Dalam kondisi seperti ini kita harus tetap tenang, tidak panik, berpikir jernih, sembari terus menjaga kesehatan masing-masing. Langkah Barito Putera menyampaikan surat terbuka soal antisipasi corona cukup baik. Kami juga respek kepada tim-tim seperti PSIS Semarang, PSS Sleman, dan Persib Bandung yang telah melakukan tes kesehatan kepada semua pemain dan ofisial,” kata Iriawan. (Abriandi)
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak