Dari Agassi Ke Federer, Inilah Momen Besar Miami Open sejak 1990

Jum'at, 27 Maret 2020 - 09:46 WIB
Dari Agassi Ke Federer, Inilah Momen Besar Miami Open sejak 1990
Dari Agassi Ke Federer, Inilah Momen Besar Miami Open sejak 1990
A A A
MIAMI - Turnamen Miami Open 2020 dibatalkan karena pandemi global COVID-19. ATPTour.com merangkum momen terbesar dalam sejarah turnamen dalam rangkaian merayakan 30 tahun ATP Masters 1000. Dari tahun 1990 hingga 2019, berikut adalah beberapa momen bersejarah dari Miami Open:

Satu Tahun Lalu, 2019: Federer Awali Era Baru dengan Gelar Keempat
Setelah 32 edisi di Crandon Park, Miami Open melakukan debut di Hard Rock Stadium pada tahun 2019. Setelah kalah ke Thanasi Kokkinakis dalam pertandingan pembukaan pada tahun 2018, juara tiga kali Roger Federer nyaris mengulang nasib yang sama di 2019 sebelum mencetak kemenangan comeback 4-6, 7-5, 6-3 melawan Radu Albot.

Sejak saat itu, Federer meningkatkan permainannya di rumah Miami Dolphins. Juara tingkat tur 103 kali itu, mengejar mahkota Miami keduanya dalam tiga tahun (2017), memastikan kemenangan dua set langsung melawan Filip Krajinovic, Daniil Medvedev, Kevin Anderson dan Denis Shapovalov untuk mencapai final kelima di event Masters 1000.

Di seberang net berdiri juara bertahan John Isner, yang memenangkan sembilan dari 10 set dalam tie-break untuk maju ke final tanpa kehilangan satu set. Tidak ada tie-break yang diperlukan dalam pertandingan final, karena Federer mematahkan servis pada empat kesempatan untuk mengklaim mahkota Miami keempatnya setelah 64 menit.

’’Seminggu ini bagi saya. Saya sangat bahagia saat ini. Sulit dipercaya," kata Federer. "Saya bermain di sini pada 1999 untuk pertama kalinya dan di sini saya pada 2019. Ini sangat berarti bagi saya."

Lima Tahun Lalu, 2015: Djokovic Membuat Sejarah

Novak Djokovic melanjutkan awal yang luar biasa untuk musim Tur ATP 2015 di Miami, menghasilkan sepotong sejarah lain dengan menjadi orang pertama yang menyelesaikan ‘Sunshine Double’ dalam tiga kesempatan.

Baru dari kemenangannya melawan Roger Federer dalam pertandingan final Indian Wells, Djokovic selamat dari pertarungan tiga set melawan Martin Klizan dan Alexandr Dolgopolov untuk mencapai perempat final di Florida. Kemenangan straight-set melawan runner-up 2013 David Ferrer dan John Isner mengantarkannya ke final, di mana ia menghadapi juara dua kali Andy Murray untuk mendapatkan trofi.

Djokovic dan Murray bertemu untuk ketiga kalinya pada 2015, setelah kemenangannya melawan petenis Inggris itu di final Australia Terbuka dan semifinal Indian Wells. Hasilnya akan terbukti sama di Miami, ketika dia melalui set penentuan untuk mengamankan gelar Miami kelima dengan kemenangan 7-6 (3), 4-6, 6-0.

"Saya berusaha menikmati momen ini dan juga memanfaatkan saat ini dalam karir saya di mana saya mungkin bermain tenis dalam hidup saya ... Saya sadar bahwa ini tidak dapat berlangsung selamanya," kata Djokovic. "Akan ada akhirnya suatu perubahan generasi, beberapa pemain yang akan mulai bermain lebih baik dan menjadi lebih kuat. "

10 Tahun Lalu, 2010: Roddick Juara

Dua minggu setelah kalah dari Ivan Ljubicic di final Indian Wells, Andy Roddick merebut trofi Masters 1000 kelima dan terakhir di Miami pada 2010. Juara 2004, yang membuka tahun itu dengan gelar di Brisbane, mengalahkan tiga lawan Top 40 dalam perjalanan ke pertarungan semifinal dengan Rafael Nadal.

Setelah kalah di set pembukaan, Roddick melawan Tomas Berdych di final. Berdych memasuki final dalam kondisi sangat baik, setelah mengalahkan Roger Federer, Fernando Verdasco dan Robin Soderling dalam pertandingan berturut-turut untuk mendapatkan pertandingan ketiga tahun ini melawan Roddick.

Tetapi Roddick, seperti yang dia miliki di Brisbane dan San Jose, terbukti terlalu kuat. Mantan pemain nomor satu dunia itu tidak menghadapi break point dalam pertandingan kejuaraan, mengambil gelar dengan kemenangan 7-5, 6-4. Keberhasilan Roddick di Miami akan membuktikan titik referensi untuk tahun-tahun mendatang, dengan 69 gelar Master 1000.

20 Tahun Lalu, 2000: Milenium Baru, Sampel yang Sama

Setelah kalah di perempat final dari Thomas Enqvist di Indian Wells, Pete Sampras tiba di Miami untuk mencari gelar pertamanya di musim Tur ATP 2000. Sampras, yang memulai tahunnya dengan lolos ke semifinal Australia Terbuka, mengalahkan bintang-bintang Top 20 Greg Rusedski dan Nicolas Lapentti untuk menapak semifinal melawan bintang yang sedang naik daun, Lleyton Hewitt.

Mencari gelar keempat tahun 2000, Hewitt berhasil memaksa Sampras ke set penentuan sebelum Dunia No. 2 berlomba untuk mengklaim kemenangan 6-3, 3-6, 6-1 dan satu tempat di final melawan Gustavo Kuerten. Sampras bermain sangat konsisten sepanjang tiga jam 18 menit, untuk menang 6-1, 6-7 (2), 7-6 (5), 7-6 (8). Seperti Roddick pada 2010, itu akan terbukti sebagai trofi Master 1000 terakhir dalam karir Sampras. Dia mengklaim dua gelar lebih lanjut selama karirnya - pada 2000 Wimbledon dan AS Terbuka 2002 - sebelum menggantungkan raketnya

30 Tahun Lalu, 1990: Agassi Membuat Terobosan

Edisi 1990 dari acara tersebut menandai terobosan signifikan bagi bintang yang sedang naik daun di tenis Amerika dan awal babak baru dalam sejarah turnamen.

Andre Agassi yang berusia 19 tahun tiba di Crandon Park untuk mencari mahkota Masters 1000 pertamanya dan gelar ATP Tour ke-10 hanya dua minggu setelah jatuh ke Stefan Edberg dalam empat set di final Indian Wells. Agassi bangkit dari kekalahan dalam tiga pertandingan berturut-turut melawan 20 anggota teratas Andres Gomez, Jim Courier dan Jay Berger untuk mencapai yang pertama dari delapan final Miami (6-2).

Seperti Indian Wells, lawan terakhirnya adalah Edberg. Pemain asal Swedia itu memasuki kontes dengan kemenangan 10 pertandingan beruntun dan telah memenangkan masing-masing dua pertemuan ATP Head2Head sebelumnya melawan rivalnya dari Amerika. Tapi Agassi meraih kemenangan 6-1, 6-4, 0-6, 6-2 untuk mengklaim yang pertama dari rekor enam trofi Miami antara 1990 dan 2003. Agassi yang mengakhiri karirnya dengan enam kemenangan dari sembilan ATP Head2Head bentrokan melawan Edberg, masih memegang rekor untuk kemenangan turnamen di Miami bersama sesama pemenang enam kali, Djokovic.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7407 seconds (0.1#10.140)