Kasus Foden-Greenwood Bukti Masih Banyak Abai Bahaya Corona

Rabu, 09 September 2020 - 13:35 WIB
loading...
Kasus Foden-Greenwood Bukti Masih Banyak Abai Bahaya Corona
Pemain timnas Inggris Phil Foden berlatih bersama rekan-rekannya jelang persiapan pertandingan melawan Islandia pada UEFA Nations League, Grop 2 di Laugardalsvollur, Reykjavik, Islandia (6/9). Foden bersama Greenwood dipulangkan karena melanggar protokol
A A A
REYKJAVIK - Keputusan Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate memulangkan Phil Foden dan Mason Greenwood mendapat dukungan banyak pihak. Tindakan keduanya melanggar protokol kesehatan Covid-19 yang tidak saja membahayakan rekan satu tim dan tim lawan, tapi juga bisa menjadi contoh buruk untuk fans Inggris serta klub mereka berasal.

Foden yang membela Manchester City (Man City) dan Greenwood dari Manchester United (MU) telah melanggar protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah Islandia, UEFA, dan timnas Inggris. Mereka terbukti mengizinkan orang lain masuk ke dalam kamar hotel tim—yang dibantah Southgate dengan mengatakan di luar hotel tim. (Baca: Gugus Tugas Waspadai Klaster Pilkada Serentak di Jabar)

“Ada pelanggaran pedoman virus korona. Kami menghabiskan waktu lama untuk memberlakukan langkah-langkah pencegahan dan seluruh skuad mengikutinya bersama-sama. Kami telah menjalani empat tes selama bersama. Dalam hal ini kami tidak punya alternatif selain melakukan apa yang kami lakukan," kata Southgate, dikutip Skysports.

Tindakan Foden dan Greenwood tidak saja membuat FA merasa harus melakukan penyelidikan. Pihak klub juga merasa perlu memberikan klarifikasi atas insiden tersebut. Di situs resminya, Man City menganggap apa yang dilakukan Foden sangat tidak pantas.

“Manchester City FC menyadari cerita yang muncul hari ini dari kubu tim nasional Inggris sehubungan dengan perilaku Foden. Perilakunya tidak hanya secara langsung bertentangan dengan pedoman ketat terkait Covid-19, tapi juga jauh di bawah standar yang diharapkan dari pemain Man City dan pemain internasional Inggris,” tulis pernyataan tersebut.

Foden juga telah menyampaikan permintaan maaf langsung di media sosial. Dia mengaku menyesal atas apa yang dilakukan serta mengambil banyak pelajaran dari insiden tersebut. “Saya meminta maaf kepada pelatih, rekan satu tim, ofisial, dan klub,” tulisnya, di akun media sosial.

Foden dan Greenwood sebenarnya bukan pemain atau olahragawan pertama yang melanggar protokol kesehatan. Pemain muda Chelsea Mason Mount dan Hodson Odoi juga pernah melakukan hal serupa saat Liga Primer diputar kembali. (Baca juga: Berat, Ternyata Banyak Masalah yang Menghadang UMKM)

Selain itu, tak sedikit pemain yang saat liburan juga mengabaikan protokol kesehatan sehingga mereka terpapar seperti Neymar Jr, Angel di Maria, David Silva, Diego Costa, Paul Pogba, Fikayo Tomori, Tammy Abraham, Christian Pulisic, Jorginho, Ross Barkley, Emerson, dan Michy Batshuayi.

Mereka harus melakukan isolasi mandiri setelah pulang dari liburan. Neymar dan Di Maria diduga terpapar virus saat liburan di Ibiza, sedangkan Tammy Abraham dkk diketahui menjalani liburan bersama-sama di Mykonos, sebuah pulau di Yunani. Mereka diharuskan menjalani karantina mandiri karena dilaporkan positif corona.

Selain pesepak bola, pelari cepat rekor dunia dan peraih medali emas Olimpiade delapan kali Usain Bolt pun dinyatakan positif mengidap virus corona. Dia terpaksa mengisolasi diri di rumahnya setelah pekan lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-34. (Lihat videonya: Kesultanan Buton yang Tidak Pernah Dijajah Negara Eropa)

Kabar terakhir adalah Kylian Mbappe, Riyad Mahrez, dan Aymeric Laporte juga terpapar Covid-19. Penyerang asal Prancis itu dinyatakan positif setelah hasil tes Covid-19 yang dilakukan UEFA pada Senin pagi. Pemain PSG itu dikeluarkan dari tim setelah menerima hasilnya di akhir pelatihan, sebelum kembali ke rumahnya di malam hari.

"Seperti seluruh delegasi, Mbappe telah menjalani tes sebelum pertemuan. Hasilnya negatif, seperti Rabu lalu, atas permintaan UEFA," tulis pernyataan resmi timnas Prancis. (Ma'ruf)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)