Mencari Puzzle Hilang dalam Strategi Mourinho

Kamis, 17 September 2020 - 11:35 WIB
loading...
Mencari Puzzle Hilang dalam Strategi Mourinho
Jose Mourinho. Foto/Reuters
A A A
PLOVDIV - Kekalahan Tottenham Hotspur di laga perdana Liga Primer 2020/2021 memunculkan banyak tanya tentang kualitas sebenarnya seorang Jose Mourinho. Pasalnya, kekalahan tersebut adalah pertama dalam karier profesional Mourinho sebagai pelatih.

Penampilan Tottenham juga banyak dikritik. Titik fokusnya adalah sisi kreativitas tim dan kurang efektifnya pergerakan mereka dalam melakukan serangan balik. Tottenham gagal mendikte jalannya pertandingan, terutama dari sisi agresivitas dan efektivitas serangan. (Baca: Sifat Malu Adalah Kunci dari Semua Kebaikan)

Mourinho kemudian menyebut pemainnya malas bergerak, terutama menekan pertahanan lawan. Situasi tersebut membuat Everton leluasa melakukan build up serangan dari bawah. Selain itu, mereka juga agak lambat dalam menutup pertahanan dan bergerak cepat saat melakukan tekanan.

Tottenham juga dianggap miskin kreativitas, terutama setelah tertinggal. Mereka selalu berharap ada sentuhan ajaib dari Son Heung-min saat mendapatkan bola. Ini membuat beban pemain asal Korea Selatan itu menjadi overload sekaligus memudahkan lawan membaca alur serangan.

"Perjuangan dimulai dari cara kami menekan atau saya akan katakan, dalam cara kami tidak menekan karena tekanan kami sangat buruk. Saya akan mengatakan itu adalah tekanan malas dan kapan Anda memiliki tekanan malas," kata Mou, dilansir football.london.

Dalam situasi tersebut, Mourinho mengaku masih butuh pemain, terutama lini depan. Keluhan pelatih asal Portugal itu mendapat jawaban dari manajemen dengan kabar adanya komunikasi The Lilywhites dengan Real Madrid untuk mendatangkan Gareth Bale.

Apakah Bale adalah puzzle yang dibutuhkan Mou? Pelatih yang pernah menukangi Madrid, Chelsea, dan Manchester United itu sedang mencoba formula baru bersama Tottenham. Saat melawan Everton, dia menggunakan 3-4-2-1. (Baca juga: Ketika Tukang Gade Cari Utangan Buat Tambah Modal)

Tiga pemain belakang, enam gelandang, dan satu penyerang. Penyerang tunggal menjadi milik Harry Kane. Jika Bale datang, posisinya—jika tetap menggunakan 3-4-2-1—di belakang Kane. Tinggal menunggu, siapa yang dikorbankan: Dele Alli, Son, atau Lucas Moura.

Di sini, Alli mungkin jadi korban pertama karena kabarnya dia masuk paket perpindahan Bale. Artinya, kemungkinan Moura akan menjadi korban jika Bale bergabung. Atau, jika menggunakan 3-4-3, Bale bermain di kiri, Son ke tengah, dan Moura di kanan. Sementara dalam formasi 4-4-2, Bale bisa jadi menjadi tandem Kane di depan. Opsi-opsi ini dibutuhkan mengingat bagaimana musim lalu Tottenham sempat kalang kabut saat Son dan Kane cedera bersamaan.

Peluang mendatangkan Bale bisa dikatakan cukup besar. Keseriusan Tottenham bereuni dengan Bale yang pernah memperkuat klub periode 2007-2013 diperlihatkan dengan berkomunikasi dengan Madrid, Selasa (15/9/2020).

Mereka menjajaki pinjaman atau kesepakatan permanen. Guna meyakinkan Los Blancos, Tottenham dikabarkan siap menyertakan Alli di dalam kesepakatan. Asa Tottenham semakin besar lantaran agen Jonathan Barnett mengungkapkan bahwa Bale masih mencintai klub London Utara itu dan selalu membuka peluang untuk kembali. “Dia masih mencintai Tottenham dan ingin di sana,” kata Barnett. (Baca juga: Rusia Jual 100 Juta Vaksin Covid-19 ke India)

Peluang membesar karena Madrid akan setuju untuk membayar lebih dari 50% dari gaji Bale hingga 500.000 poundsterling per pekan untuk memfasilitasi kesepakatan. Ini jelas bisnis menguntungkan. Pasalnya, jika dia berada dalam kondisi fit, pemain kelahiran Cardiff, Wales, itu menjadi ancaman bagi setiap lawan. Torehan 105 golnya dari 251 penampilan bersama Madrid sudah cukup untuk menggambarkan kualitas hebat Bale.

CEO Tottenham Daniel Levy turut dalam pembicaraan lanjutan untuk mendatangkan Sergio Reguilon dari Madrid dengan nilai 25 juta poundsterling. Reguilon awalnya tertarik dengan kepindahan ke Old Trafford, tapi pemain berusia 23 tahun itu telah diyakinkan Mourinho agar mau bergabung ke London.

Klausul pembelian kembali dalam transfer Reguilon dan Tottenham dikatakan lebih terbuka untuk menyetujui ketentuan itu daripada MU. Kedatangan Bale dan Reguilon diharapkan mampu mendongkrak performa tim di musim kompetisi 2020/21, khususnya di lini depan.

Mou membutuhkan kedalaman skuad yang merata untuk membawa Tottenham ke papan atas Liga Primer musim 2020/2021. Sejauh ini, The Lilywhites telah mendatangkan tiga pemain: Pierre-Emile Hojbjerg, Joe Hart, dan Matt Doherty. Ada ketakutan bahwa skuad Tottenham belum cukup bersaing di Liga Primer dan Liga Europa.

Tantangan di Tottenham sama sekali berbeda bila dibandingkan saat menangani Chelsea, Inter Milan, ataupun Madrid di mana The Special One dilengkapi dengan skuad bertabur bintang. Hasil buruk plus performa kurang ideal di pekan pembuka Liga Primer diharapkan tidak diulangi Tottenham saat bertandang ke Stadion Lokomotiv, markas Lokomotiv Plovdiv, pada pertandingan babak kedua kualifikasi Liga Europa, nanti malam. (Baca juga: Cara Sederhana untuk Cegah Kanker Payudara)

Mou tampaknya akan menerapkan rotasi mengingat jadwal padat domestik yang menanti sepanjang September ini. Hart, Serge Aurier, dan Davinson Sanchez diturunkan sebagai starter. Lini tengah diisi Mohamed Sissoko, Steven Bergwijn, dan Moura.

Guna menjaga kans melaju ke babak ketiga kualifikasi Liga Europa, Kane bakal tetap diplot di lini depan. “Kami memiliki pertandingan penting lainnya melawan Plovdiv dan kami harus siap. Ini hanya format satu pertandingan. Jika kami kalah, selamat tinggal,” tandas Moura.

Meski diunggulkan, Tottenham harus waspada mengingat Plovdiv telah memainkan 17 pertandingan kompetitif sejak awal Juni. Melakoni pertandingan yang lebih banyak jelas memberikan keuntungan bagi pasukan Bruno Akrapovic dari sisi persiapan. (Lihat videonya: Marion Jola Bikin Heboh karena Bra, Gisella Menyesal Bercerai)

Plovdiv telah memenangkan empat dari lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Wakil Bulgaria itu mencapai babak kedua kualifikasi Liga Europa seusai mengatasi tim Montenegro, Iskra, dengan skor 1-0 pada akhir bulan lalu. (Alimansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)