Kesempatan Terbaik Chelsea Buktikan Diri di Stamford Bridge

Sabtu, 19 September 2020 - 12:35 WIB
loading...
Kesempatan Terbaik Chelsea Buktikan Diri di Stamford Bridge
Timo Warner dan Virgil Van Dijk. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Dibayangi torehan negatif di dua pertemuan terakhir di Liga Primer musim lalu membuat Chelsea begitu bersemangat bersua juara bertahan Liverpool, Minggu (20/9/2020). Meraih tiga poin sekaligus melanjutkan catatan impresif di Stamford Bridge menjadi misi The Blues.

Masih lekat dalam ingatan, Chelsea yang menggunakan kekuatan seadanya harus mengakui keunggulan Liverpool. Dalam dua pertandingan kandang dan tandang Liga Primer musim lalu, Cesar Azpilicueta dkk takluk 1-2 (22/9/2019) dan 3-5 (23/7/2020). (Baca: Inilah Tips Melawan Rasa Malas Beribadah)

Satu-satunya kemenangan Chelsea di musim lalu adalah menyingkirkan Liverpool 2-0 di babak kelima Piala FA. Namun, saat itu The Reds menyimpan sebagian besar pemain-pemain utamanya. Hal tersebut jelas melecut Chelsea untuk menuntaskan dendamnya atas Liverpool.

Terlebih di musim 2020/2021 skuad asuhan Frank Lampard tergolong lebih mumpuni. Pada bursa transfer musim panas ini, The Blues total menghabiskan 230 juta poundsterling untuk mendatangkan enam pemain, yakni Timo Werner (47,7 juta poundsterling), Hakim Ziyech (36 juta poundsterling), Ben Chilwell (45,1 juta poundsterling), Thiago Silva dan Malang Sarr (gratis), dan Kai Havertz (89 juta poundsterling).

Berbekal kekuatan barunya, Chelsea jelas semakin percaya diri mengarungi Liga Primer musim ini. Langkah meyakinkan mereka torehkan seusai menang 3-1 atas Brighton & Hove Albion, Selasa (15/9). Asa untuk merebut tiga poin atas Liverpool juga didukung statistik impresif Chelsea di Stamford Bridge.

Mereka meraih enam kemenangan berturut-turut dan hanya kebobolan satu gol di Stamford Bridge di semua kompetisi sejak kekalahan dari Bayern Muenchen, Februari lalu. Chelsea bahkan tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan kandang terakhir Liga Primer, melawan juara musim sebelumnya termasuk memenangkan tiga pertandingan terakhir. (Baca juga: Masih Banyak Siswa Belum Miliki Gawai dan Kesulitan Sinyal)

Berbagai catatan bagus tersebut membangkitkan optimisme Werner. Penyerang asal Jerman itu menuturkan melawan Liverpool adalah sebuah tantangan besar bagi Chelsea mengukur sejauh mana kualitas yang mereka miliki. Secara pribadi Werner berambisi mencetak gol pertamanya di Liga Primer sekaligus di pertandingan perdananya di Stamford Bridge.

“Kami bermain melawan Liverpool. Mereka tim yang kuat dan memiliki pemain sangat bagus, tidak hanya Virgil van Dijk, seluruh bagian pertahanan Liverpool juga sangat bagus," kata Werner, dilansir chelseafc.com.

Werner yang sempat mengalami cedera ringan saat melawan Brighton kemungkinan telah puluh dan siap diturunkan Lampard menghadapi Liverpool dengan dukungan Ruben Loftus-Cheek, Havertz, dan Mason Mount. Sementara di lini tengah, absennya Christian Pulisic akan diisi Jorginho dan N’Golo Kante. Mereka akan melindungi kuartet lini belakang yang ditempati Reece James, Andreas Christensen, Kourt Zoma, dan Marcos Alonso.

Meski Silva, Chilwell, dan Hakim Ziyech diragukan karena belum fit, Lampard menilai Chelsea memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk menundukkan The Reds. (Baca juga: 4 Jenis Olahraga Ini Efektif Turunkan Kadar Kolesterol)

“Pada pertandingan pertama musim ini tentunya tentang mendapatkan kemenangan (atas Brighton) dan kami melakukan banyak hal baik untuk mendapatkannya. Semuanya membutuhkan proses. Saya yakin kami akan menjadi lebih baik di pertandingan berikutnya," ujar Lampard

Lampard harus memaksimalkan potensi skuadnya plus catatan bagus di Stamford Bridge. Selain itu, Chelsea juga wajib mengeksplorasi lemahnya lini belakang Liverpool yang kebobolan tiga gol saat mengalahkan Leeds United 4-3, Sabtu (12/9/2020).

Hal tersebut menandakan bahwa The Reds memerlukan tenaga tambahan untuk menjaga soliditas. Sejauh ini, Liverpool baru mendatangkan bek Kostas Tsimikas. Sempat menjalani isolasi lantaran positif Covid-19, pemain asal Yunani itu telah fit dan siap diturunkan.

Liverpool dikabarkan sudah mencapai kesepakatan dengan Bayern Muenchen untuk merekrut Thiago Alcantara senilai 27 juta poundsterling. Kepindahan Alcantara bakal diresmikan dalam waktu dekat. Kehadiran Alcantara tentu akan memberikan tambahan kualitas di lini tengah Liverpool. (Lihat videonya: Istana Para Raja di Wilayah Sulsel Berumur Ratusan Tahun)

Kebijakan belanja efektif Liverpool seolah membenarkan pernyataan Pelatih Juergen Klopp sebelumnya yang mengatakan klubnya berbeda dengan klub lainnya dan tidak perlu meniru langkah Chelsea yang begitu jorjoran membeli pemain di bursa transfer.

Pernyataan Klopp mengundang spekulasi yang menganggapnya iri terhadap Lampard. “Banyak hal baik yang kami lakukan. Pertama dan terpenting, kami harus menunjukkan kemauan kuat, menemukan pendekatan dan rencana yang tepat lagi untuk musim ini,” tandas Klopp. (Alimansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)