Upgrade Performa Mobil untuk GP Rusia, Ferrari Tetap Pesimistis

Sabtu, 19 September 2020 - 14:35 WIB
loading...
Upgrade Performa Mobil untuk GP Rusia, Ferrari Tetap Pesimistis
Foto: dok/Reuters
A A A
MARANELLO - Tim Scuderia Ferrari berencana melakukan upgrade "kecil" untuk balapan Grand Prix (GP) Rusia, 27 September mendatang. Namun, bos Ferrari Mattia Binotto memperingatkan agar tidak berharap terlalu banyak dari peningkatan itu.

Tim pabrikan asal Italia ini menandai partisipasi pada Kejuaraan Formula One (F1) ke-1.000 yang bersejarah dengan kinerja yang kurang baik. Selain performa mesin sangat buruk, aerodinamika SF1000 tidak sesuai dengan hasil kerja keras yang dilakukan tim. Bahkan, posisi klasemen konstruktor Ferrari juga mengalami kemerosotan ke posisi keenam atau hanya unggul 13 poin dari AlphaTauri. (Baca: Inilah Tips Melawan Rasa Malas Beribadah)

Untuk mengatasi hal tersebut, Binotto menyatakan tim akan melakukan perubahan minor pada mobil Ferrari yang akan digunakan di GP Rusia akhir pekan ini. Namun, dia juga memperingatkan agar tidak terlalu berharap banyak dengan upgrade kecil tersebut.

"Akan ada peningkatan kecil, tapi ini tidak akan mengubah gambaran besarnya. Saya pikir kami saat ini kehilangan kecepatan dalam balapan dan entah bagaimana kami terlalu banyak menggunakan ban," kata Binotto, dilansir pitpass.

"Upgrade tidak akan mengatasi masalah. Saya pikir kami perlu meninjau proyek, dengan pandangan tahun 2021. Saya pikir akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk melakukannya," ujarnya. (Baca juga: Masih Banyak Siswa Belum Miliki Gawai dan Kesulitan Sinyal)

Pada F1 2021, tim yang bermarkas di Maranello itu telah merencanakan mesin "serbabaru", meskipun ada pembatasan dalam hal pengembangan sasis. Binotto yakin sistem itu akan memungkinkan tim untuk membuat beberapa perbaikan yang sangat dibutuhkan.

"Kursi tunggal berikutnya akan menjadi evolusi dari yang ini, karena batasan aturan. Tapi, masih ada peluang. Mesin semuanya akan baru. Sudah berjalan selama berbulan-bulan dan kami akan mengandalkannya. Ditambah lagi, saat ini ada perubahan aerodinamis penting yang dipilih oleh Dewan Dunia dengan modifikasi terutama di bagian belakang," paparnya.

Sementara itu, pembalap Ferrari Charles Leclerc merasa kecewa dengan performa mobil SF1000 pada musim 2020 kali ini. Dari sembilan balapan yang sudah berjalan, Leclerc hanya bisa meraih dua kali podium. (Lihat videonya: Istana Para Raja Wilayah Sulsel Berumur Ratusan Tahun)

"Harus diakui bahwa mobil kami tidak cukup cepat untuk bisa bersaing dengan para rival. Kenapa? Itu selalu menjadi pertanyaan yang bagus dan sulit dijawab,” ungkap Leclerc. (Raikhul Amar)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)