Khabib Nurmagomedov Merasa Tak Pantas Dibandingkan Muhammad Ali

Selasa, 22 September 2020 - 06:28 WIB
loading...
Khabib Nurmagomedov Merasa Tak Pantas Dibandingkan Muhammad Ali
Khabib Nurmagomedov Merasa Tak Pantas Dibandingkan Muhammad Ali/oc-media.or/respectability
A A A
LAS VEGAS - Aku Tak Pantas Dibandingkan dengan Muhammad Ali. Kalimat itu diucapkan Khabib Nurmagomedov ketika prestasinya dibandingkan dengan petinju legendaris Muhammad Ali.

Semasa hidup, Ali dikenang sebagai petinju Terbesar yang pernah menginjakkan kaki di atas ring. Jauh sebelum Khabib Nurmagomedov lahir dan kini tumbuh menjadi petarung Ultimate Fighting Championship ( UFC ).

Juara UFC berusia 31 tahun dengan berat 155 pon telah mengumpulkan rekor 28-0 dengan 18 penyelesaian, dan dia telah mendengar banyak pujian yang diberikan kepadanya akhir-akhir ini untuk pertarungan kelas dunia.

Meskipun kedua petarung itu dianggap sebagai yang terbaik dari disiplin olahraga mereka, dan sama-sama Muslim, Nurmagomedov, yang adalah orang Rusia, tidak percaya bahwa perbandingan dengan Ali bisa dibenarkan.

“Saya pikir membandingkan Ali dan saya mungkin salah. Hanya jika kita berbicara tentang fakta bahwa kita berdua adalah juara dan sama-sama Muslim, ”kata Nurmagomoedov kepada True Gym MMA dalam bahasa Rusia. “Tapi semua hal yang dia lakukan di luar ring, dengan mereka aku tidak bisa dibandingkan.''

Ali adalah salah satu tokoh paling ikonik di abad ke-20. Juara tinju Kelas Berat tiga kali itu menantang status quo dengan aktivisme politiknya yang blak-blakan. Sikap Ali sebagai tokoh olahraga sangat penting, terutama ketika ia menolak wajib militer untuk Perang Vietnam karena keyakinan agamanya. Dia kemudian diasingkan dari tinju selama tiga setengah tahun karena keyakinannya. “Memang saat itu dia juara,” lanjut Nurmagomedov.

“Dia ras lain, dan pada saat itu di Amerika, orang kulit hitam diperlakukan dengan buruk. Dan menurut ceritanya, dia bahkan tidak disajikan di restoran. Dia membuang medali emas [Olimpiade 1960] [dia menang]. Dia sangat mengubah sikap terhadap rasnya, jadi kita tidak bisa dibandingkan. Untuk bisa dibandingkan dengannya, saya harus kembali ke tahun-tahun itu dan menjadi Black dan menjadi juara. Setelah itu, kami akan melihat bagaimana saya akan bersikap dalam situasi seperti itu. Dalam hal ini, kami tidak bisa dibandingkan. Aku suka orang membandingkan kita, tapi menurutku itu tidak pantas.”



Nurmagomedov selanjutnya akan bertarung di Abu Dhabi pada 24 Oktober ketika dia menantang juara sementara Justin Gaethje sebagai event utama untuk UFC 254.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)