Manajemen Suporter Jadi PR Besar Liga 1

loading...
Manajemen Suporter Jadi PR Besar Liga 1
Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyepakati Nota Kesepahaman (MoU) tekait kelanjutan Liga 1 2020. Foto: PSSI.org
JAKARTA - Manajemen penonton menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh kontestan Liga 1/2020 nanti. Jika tidak dikelola dengan baik, antusiasme dan fanatisme suporter tidak hanya akan merugikan tim, namun juga berpotensi memunculkan klaster baru penyebaran virus corona.

Liga 1/2020 akan kembali bergulir pada 1 Oktober mendatang. Digelar di tengah pandemi virus corona yang kian tak terkendali, penerapan protokol kesehatan ketat menjadi pekerjaan berat yang harus diterapkan setiap tim. (Baca: Zulkifli Hasan Tunjuk Pasha Ungu Jadi ketua DPP PAN)

Tidak hanya kewajiban melakukan test swab berkala untuk memastikan tidak ada pemain yang terpapar virus corona, pola interaksi antarpemain dan ofisial dibatasi untuk meminimalisasi klaster baru Covid-19 dari cabang sepak bola.

Namun, ada faktor penting lain yang harus diantisipasi setiap tim saat kompetisi digulirkan nanti, yakni suporter. Fanatisme terhadap tim sepak bola Indonesia berpotensi menjadi masalah jika pendukung nekat datang ke area stadion atau menggelar nonton bareng.



Hal ini sudah terlihat dalam laga uji coba antara Persija Jakarta versus Bhayangkara FC di Lapangan PSSN, Depok, Rabu (23/9/2020). Meski laga sudah dirahasiakan kedua tim, nyatanya ribuan suporter memadati area sekitar lapangan.

Ironisnya, mayoritas tidak memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Manajemen Persija menyatakan jika sudah menyiapkan tayangan live streaming untuk mengantisipasi agar suporter tidak perlu ke lapangan. (Baca juga: Penting Deteksi Dini dan Kenali Gejala Pikun)

Pada Liga 1 nanti, Persija memilih homebase di Stadion Sultan Agung Yogyakarta mengingat situasi kesehatan di Jakarta tidak memungkinkan. Langkah ini diharapkan meminimalisasi suporter hadir di sekitar stadion.



Namun demikian, fakta pada laga uji coba Persija vs Bhayangkara ini patut menjadi perhatian operator PT Liga Indonesia Baru (LIB). Apalagi, pertandingan akan dipusatkan di Pulau Jawa yang notabene memiliki basis suporter besar. Sebut saja Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan Arema Malang.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top