Memuji Arteta Apa Adanya

Senin, 28 September 2020 - 11:35 WIB
loading...
Memuji Arteta Apa Adanya
Mikel Arteta. Foto/Livescore
A A A
LIVERPOOL - Perkembangan signifikan yang ditunjukkan Arsenal membuktikan bahwa Mikel Arteta telah melakukan pekerjaan luar biasa. Momentum positif menjadi bekal The Gunners berprestasi musim ini.

Hanya dalam 10 bulan sejak menggantikan Unai Emery, Desember 2019, Arteta mampu mengubah peruntungan Arsenal. Terbukti Pierre-Emerick Aubameyang dibawanya menjuarai Piala FA (2019/20) dan Community Shield pada Agustus lalu. Bukan hanya itu, Arteta pandai mengelola situasi pelik yang dialami klub. Selama pandemi Covid-19, pelatih asal Spanyol tersebut mampu membujuk para pemain untuk menerima pemotongan gaji dan meyakinkan Aubameyang memperpanjang kontrak di Emirates Stadium. (Baca: Berkata Kotor dan Keji, Dosa yang Sering Diremehkan)

Kepiawaian Arteta mengangkat moral seluruh elemen klub dan mengembalikan gairah fans di masa-masa sulit, membuat petinggi klub terkesan dan memberikannya jabatan baru (10/9) dari semula hanya pelatih kepala kini menjadi manajer tim. Dia memiliki kewenangan lebih besar termasuk memantau potensi pemain-pemain akademi.

Talenta-talenta muda produk akademi, seperti Eddie Nketiah (21 tahun), Joe Willock (21 tahun), serta Ainsley Maitland-Niles (23 tahun) diorbitkan Arteta ke tim utama Arsenal. Musim panas ini, dia juga memboyong pemain-pemain bagus, yakni Willian, Gabriel Magalhaes, dan Cedric Soares.

Bersama beberapa pilar utama, Aubameyang, Berd Leno, hingga Nicolas Pepe, komposisi skuad The Gunners sangat kompetitif. Itu berdampak bagus pada kinerja Arsenal yang belum terkalahkan dalam empat pertandingan terakhir sejauh ini.

Berturut-turut mereka menang 5-4 atas Liverpool di Community Shield (29/8), 3-0 atas Fulham (12/8), 2-1 atas West Ham United (20/9) di Liga Primer, dan 2-0 atas Leicester City (24/9) di babak ketiga Piala Liga. Dalam sembilan pertandingan terakhir di semua kompetisi, Arsenal bahkan telah mengalahkan empat dari lima besar musim lalu—Liverpool (dua kali), Manchester City (Man City), Chelsea, dan Leicester. (Baca juga: Mahasiswa ITS Buat Aplikasi Pemantau Kondisi Manula)

Berbagai catatan impresif tersebut jelas menggambarkan potensi besar Arsenal meramaikan persaingan di Liga Primer musim ini. Kendati demikian, Arteta enggan berpikir terlalu jauh. Dia menegaskan fokus utamanya adalah terus membawa Arsenal berkembang dalam segala aspek sehingga prestasi akan datang beriringan.

“Jelas apa yang Anda harapkan untuk dilakukan adalah menjadi jauh lebih baik dan lebih konsisten sehingga kemudian para rival bisa menurunkan level sedikit, dan kemudian kesenjangannya tidak terlalu besar. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mencoba menjadi jauh lebih baik dari musim lalu,” ungkap Arteta dilansir dailymail.

Arteta berharap timnya berada dalam performa terbaik terutama saat bertandang ke Anfield Stadium, markas Liverpool pada lanjutan Liga Primer, dini hari nanti. Meski sukses meraih kemenangan di dua pertemuan terakhir, dia tetap menilai The Reds sebagai ujian berat sehingga tidak boleh melakukan kesalahan apa pun.

“Saya tidak melihat ada kepuasan dalam diri Liverpool. Mereka pergi ke tempat mana pun, bahkan ketika mereka unggul 2-0, unggul 3-0, unggul 4-0, dan mereka masih berjalan dengan cara yang sama. Ini adalah penghargaan luar biasa untuk tim pelatih, budaya yang mereka ciptakan, dan semangat tim,” ujar Arteta. (Baca juga: Susu Colostrum Diklaim Mampu Pulihkan Saraf Kejepit)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)