Kompetisi Tak Jelas, PSSI-Kemenpora Sepakat Timnas U-19 Lanjut TC di Eropa

Selasa, 29 September 2020 - 20:05 WIB
loading...
Kompetisi Tak Jelas,  PSSI-Kemenpora Sepakat Timnas U-19 Lanjut TC di Eropa
Kemenpora dukung rencana PSSI untuk melanjutkan pemusatan latihan (TC) tim nasional U-19 di Eropa/Foto/dok PSSI
A A A
JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung rencana PSSI untuk melanjutkan pemusatan latihan (TC) tim nasional U-19 di Eropa. Timnas U-19 yang siapkan ke Piala Dunia U-20 pada 2021, akan sia-sia jika kembali ke Tanah Air lantaran kompetisi belum berjalan.

Saat ini pasukan Shin Tae-yong berlatih di Kroasia. Witan Sulaeman dkk melakukan serangkaian uji coba internasional, dan terakhir mereka menuai kemenangan 1-0 atas Dinamo Zagreb U-19 di komplek Stadion Maksimir (Dinamo Zagreb Academy), Zagreb, Senin (28/9/2020). ( ).

Dari tujuh uji coba di Kroasia , Garuda Muda menuai dua kemenangan, dua imbang, dan tiga kalah. Kemenangan dipetik selain melawan Dinamo Zagreb U-19, juga saat menghadapi Qatar 2-1.

Hasil imbang dipetik melawan Qatar 1-1 di uji coba kedua, dan Arab Saudi (3-3). Sedangkan kekalahan saat melawan Bulgaria (0-3), dilumat Kroasia (1-7), dan Bosnia-Herzegovina (0-1). ( ).

Setelah dari Kroasia rencananya skuat Shin Tae-yong akan bertolak ke Turki atau tetap berada di Kroasia untuk TC. Jika pulang ke Indonesia, ditakutkan kualitas timnas Garuda Muda akan menurun lantaran para pemain tidak bisa dikembalikan ke klub karena tidak ada kompetisi. Selain itu, mereka akan kesulitan mencari lawan tanding sepadan untuk mengasah teknik.

"Saya sudah berdiskusi dengan Menpora (Zainudin Amali) . Bapak Menpora mendukung rencana kami. Kemenpora mendukung TC di Eropa ketimbang harus balik ke Indonesia,'' kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan seperti dilansir laman resmi PSSI. ( ).

Iriawan mengapresiasi kemenangan tim nasional Indonesia U-19 pada uji coba terakhir melawan Dinamo Zagreb. Gol tunggal kemenangan Garuda Muda dikemas Witan Sulaeman pada menit ke-38 lewat tendangan jarak dekat.

"Kami terus memantau perkembangan timnas U-19. Senang melihat kemampuan mereka terus meningkat dan berproses menjadi lebih baik," ujar pria yang akrap disebut Iwan Bule tersebut. "PSSI akan terus mendukung program pelatih Shin Tae-yong untuk hasil maksimal."
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2299 seconds (0.1#10.140)