Kabar Baik, Akademi Pelatih Jr. NBA Hadir Kembali di Indonesia

Rabu, 14 Oktober 2020 - 11:10 WIB
loading...
Kabar Baik, Akademi Pelatih Jr. NBA Hadir Kembali di Indonesia
Kabar Baik, Akademi Pelatih Jr. NBA Hadir Kembali di Indonesia
A A A
Tahun ini, NBA kembali mengadakan Akademi Pelatih Jr. NBA, sebuah program pelatihan guru-guru olahraga yang didukung pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi local dengan menetapkan standar dalam bermain dan menikmati olahraga basket, pada 10-11 September. Diadakan secara virtual akibat pandemi COVID-19, program pelatihan daring ini difasilitasi oleh pelatih Jr. NBA Asia dan diikuti lebih dari 1.300 guru SD, SMP, dan SMA di seluruh Jakarta.

“Kami tetap berkomitmen untuk mengembangkan generasi muda Indonesia melalui olahraga,” ungkap Associate Vice President of Marketing Partnerships, NBA Asia, Jim Wong. “Peralihan metode Akademi Pelatih Jr. NBA ke virtual akan memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman pelatihan yang sama seperti biasanya kepada para guru, dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan seluruh komunitas Jr. NBA.”

Sejak tahun 2018, program ini telah melatih lebih dari 52.000 guru dari 41.000 sekolah di 25 kota dan provinsi di seluruh Indonesia, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Yogyakarta.

Pandemi COVID-19 menjadi tantangan sejumlah pelaksanaan aktivitas di luar ruangan, tetapi sesi daring Jr. NBA Coaches Academy telah melengkapi para guru dengan pengetahuan, keterampilan, dan teknik untuk mengajar bola basket dengan cara-cara yang kreatif.

“Pelajaran olahraga cukup sulit untuk dilakukan secara virtual, terutama ketika para murid tidak mempunyai bola basket dan lapangan. Namun, para pelatih Jr. NBA meyakinkan kami, para peserta, untuk mencari ide baru dan berbagi teknik latihan bola basket yang dapat dilakukan di rumah, seperti latihan ball handling dengan botol minum dan teknik shooting meskipun tanpa bola,” jelas Syahrul, Guru Pendidikan Jasmani SMP Perwira Jakarta.

Mulyati Ningsih, Guru Pendidikan Jasmani SMP Negeri 97 Jakarta juga memiliki semangat yang sama seperti Syahrul.

“Yang terpenting ketika di rumah saja, anak-anak tetap harus bergerak dan berolahraga agar fisiknya kuat dan bugar. Jadi harapan saya, dengan kondisi terbatas yang dirasakan anak-anak, mereka tetap bisa melatih dasar permainan bola basket.” jelas Mulyati. “Dengan saya mengikuti Jr. NBA Coaches Academy, saya belajar beberapa teknik bola basket yang dapat ditiru di ruang terbatas meski di rumah aja, dengan peralatan seadanya,” jelas Mulyati.
Kabar Baik, Akademi Pelatih Jr. NBA Hadir Kembali di Indonesia

Selain itu, NBA dan Tahir Foundation, sebuah organisasi amal yang bertujuan untuk membantu individu dan masyarakat yang membutuhkan di bidang pendidikan dan kesehatan, juga memberikan beasiswa Jr. NBA Tahir Foundation kepada 13 pelatih dan guru untuk mendukung pelatihan dan/atau pembinaan. Beasiswa ini merupakan bagian dari Jr. NBA Coaches Academy Loyalty Contest 2020.

Pandemi COVID-19 telah memberikan banyak perubahan dan dampak yang luas dalam berbagai aspek kehidupan, tetapi NBA terus memberikan pelatihan kelas dunia untuk para guru pendidikan jasmani, dengan memberikan cara baru untuk mengajarkan keterampilan dasar bola basket kepada generasi muda di Indonesia meski di tengah kondisi saat ini.Para guru yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dapat mengakses situs resmi Jr. NBA Asia (jrnbaasia.com) atau dengan mengunduh aplikasi Jr. NBA Coach di Apps Store dan Google Play Store. Ikuti juga Jr. NBA Asia pada Facebook (@JrNBAIndonesia) dan Instagram (@jrnbaasia).
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0821 seconds (0.1#10.140)