Kiprah Perempuan Arab Saudi Pertama Peraih Medali Olimpiade

loading...
Kiprah Perempuan Arab Saudi Pertama Peraih Medali Olimpiade
Kiprah Perempuan Arab Saudi Pertama Peraih Medali Olimpiade
RIYADH - Penikmat olahraga berkuda tentu sudah tak asing dengan nama Dalma Malhas. Atlet perempuan pertama Arab Saudi yang meraih medali Olimpiade itu kini dapat jabatan baru.

Dalma Malhas merupakan atlet perempuan pertama asal Arab Saudi yang memenangkan medali di ajang Olimpiade. Wanita yang kini berusia 28 tahun itu menggondol perunggu di nomor perorangan showjumping cabang olahraga berkuda di Olimpiade Pemuda 2010 di Singapura.

Pada tahun 2012, Arab Saudi untuk kali pertama mengirim atlet perempuan ke ajang Olimpiade senior. Pada saat itu, Dalma Malhas termasuk salah satu kontingen yang dikirim ke Olimpiade London 2012 oleh Arab Saudi. (Baca Juga: Blunder De Gea Berujung Kekalahan Spanyol, Enrique Pasang Badan)

Menurut laporan Inside The Games, Rabu (14/10/2020) Dalma Malhas kini mendapat jabatan baru di jajaran pengurus olahraga Arab Saudi. Perempuan berparas cantik itu ditunjuk membawahi Komite Atlet untuk persiapan Asian Games 2030.



“Dalma Malhas akan memimpin 10 badan olahraga terkuat di Arab Saudi untuk menempatkan kepentingan atlet di proses bidding,” tulis Inside The Games dalam laporannya.

Pada saat ini slot untuk tuan rumah Asian Games 2030 masih jadi rebutan antara Arab Saudi dan Qatar. Seperti kita tahu, Arab Saudi mengajukan Riyadh, sedangkan Qatar mengajukan Doha sebagai tuan rumah. (Lihat Garfis: Juventus Dapat Kabar Buruk, Cristiano Ronaldo Positif Covid-19)

Komite Evaluasi dari Dewan Olimpiade Asia (OCA) Wei Jizhong dari China dijadwalkan berkunjung ke Riyadh dan Doha pada pekan ketiga bulan Oktober 2020. Di momen itu lah Dalma Malhas kemungkinan bakal melobi OCA untuk memenangkan Riyadh sebagai tuan rumah.



Keputusan tuan rumah Asian Games 2030 sendiri akan ditentukan melalui sidang umum OCA di Muscat, 16 Desember 2020 mendatang. Belum diketahui secara persis, apakah sidang tersebut akan berlangsung secara fisik atau virtual.
(sha)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top