Efek Domino CR7, Pemain Eropa Mulai Khawatir Tertular

Kamis, 15 Oktober 2020 - 11:35 WIB
loading...
Efek Domino CR7, Pemain Eropa Mulai Khawatir Tertular
Kasus Covid-19 Cristiano Ronaldo (CR7) rupanya bisa memberikan efek domino cukup besar kepada pemain lain. Foto/Daily Mail
A A A
LISABON - Kasus Covid-19 Cristiano Ronaldo (CR7) rupanya bisa memberikan efek domino cukup besar kepada pemain lain. Bukan hanya merugikan Portugal dan klubnya, Juventus, bintang berusia 35 tahun tersebut pun menimbulkan kekhawatiran terhadap para pemain dari beberapa kompetisi elite Eropa yang sempat berinteraksi dengannya.

Berdasarkan hasil tes swab, Selasa (13/10), Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) mengonfirmasi bahwa CR7 positif Covid-19. Sang kapten dipastikan absen saat Portugal menjamu Swedia, dini hari tadi. Beruntung, dari tes swab terbaru, anggota skuad A Selecao das Quinas lainnya dinyatakan negatif Covid-19.



“CR7 dibebaskan dari tugas tim nasional Portugal setelah positif Covid-19. Jadi, dia tidak akan menghadapi Swedia. Kondisinya baik, tanpa gejala, dan dalam isolasi. Menyusul kasus positif, para pemain yang tersisa menjalani tes, semua dengan hasil negatif, dan tersedia untuk Pelatih Fernando Santos,” bunyi pernyataan resmi FPF, dilansir Daily Mail.

Efek Domino CR7, Pemain Eropa Mulai Khawatir Tertular


CR7 harus menjalani isolasi mandiri sehingga dipastikan absen di dua pertandingan Juventus melawan Crotone di Seri A, Minggu (18/10), dan Dinamo Kiev di fase Grup G Liga Champions, Selasa (20/10). Dia juga absen melawan Swedia, dini hari tadi. (Baca:7 Amalan Setelah Berwudhu dan Keutamaannya)

CR7 juga terancam absen bereuni dengan rival utamanya, Lionel Messi, pada pertandingan Juve kontra Barcelona, 29 Oktober mendatang, berdasarkan protokol UEFA. Protokol tersebut mengharuskan seorang pemain positif Covid-19 setidaknya selama tujuh hari sebelum dia diizinkan bermain di pertandingan Liga Champions atau Liga Europa. Mengingat CR7 dinyatakan positif pada 13 Oktober dan pertandingan Juve di Barcelona akan berlangsung pada 29 Oktober, tentu akan sangat sulit baginya untuk pulih tepat waktu.

“Peserta dari Grup 1 atau Grup 2 yang telah memverifikasi konfirmasi bahwa mereka sekarang telah pulih dari virus diundang untuk menyerahkan dokumentasi ini ke UPAP, termasuk tanggal diagnosis virus, riwayat medis lengkap yang relevan, dan dokumen medis lainnya di konteks ini misalnya tes SARS-CoV-2-RNA atau tes laboratorium lainnya. Ini harus disediakan setidaknya satu pekan sebelum pertandingan UEFA tim berikutnya,” ujar pernyataan UEFA.

Bukan hanya merugikan tim nasional dan klub, Covid-19 yang dialami CR7 membuat rekan-rekan serta pemain-pemain yang sempat berinteraksi dengannya menjadi ketar-ketir. Spekulasi CR7 sudah terinfeksi Covid-19 cukup lama muncul ke permukaan, namun belum terdeteksi lantaran kondisi fisiknya yang bagus. (Baca juga: Prioritas pemberian Vaksin untuk Tenaga Pendidik Diapresiasi)

CR7 memperkuat Portugal di dua pertandingan, uji coba melawan Spanyol, Kamis (8/10), dan Prancis di Nations League, Senin (12/10). Saat melawan Spanyol, misalnya, pemain kelahiran Funchal, Madeira, Portugal, itu berduel udara dengan Sergio Reguilon serta berfoto bersama dengan dua mantan rekannya di Real Madrid, Sergio Ramos dan Pepe, seusai pertandingan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)