Mourinho Tegaskan Bale Bukan Penyebab Terpelesetnya Tottenham

Senin, 19 Oktober 2020 - 21:05 WIB
loading...
Mourinho Tegaskan Bale Bukan Penyebab Terpelesetnya Tottenham
Jose Mourinho menegaskan masuknya Gareth Bale dari bangku cadangan bukanlah penyebab gagalnya Tottenham Hotspurs meraih poin penuh saat bentrok West Ham United. Foto: Reuters
A A A
LONDON - Jose Mourinho menegaskan masuknya Gareth Bale dari bangku cadangan bukanlah penyebab gagalnya Tottenham Hotspurs meraih poin penuh saat bentrok West Ham United. Dia menyebut kurangnya kekuatan mental sebagai faktor utama.

(Baca Juga: Van Dijk Cedera, Carragher Sarankan Liverpool Belanja Pemain di Januari )

Tottenham hampir sedikit lagi menundukan West Ham pada lanjutan Liga Primer di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (18/10/2020). Pasalnya, tuan rumah sempat mempin dulu 3-0 berkat gol cepat Son Heung-Min (1) dan Harry Kane (8 dan 16).

Tapi, yang terjadi malah di luar perkiraan. Laga berakhir imbang 3-3 lantaran West Ham bisa mencetak tiga gol beruntun menjelang akhir laga. Itu diawali Fabian Balbuena (82), gol bunuh diri Davinson Sanchez (85) dan ditutup Manuel Lanzini (90+4).

Ada yang menilai ini bisa terjadi karena diturunkannya Bale pada menit ke-72 menggantikan Steven Bergwijn. Kehadiran pemain yang dipinjam dari Real Madrid itu dinilai memberi dampak negatif pada ritme permainan Spurs.

Harusnya Bale dapat memanfaatkan keunggulan 3-0 untuk meraih kemenangan pada laga pertamanya lagi bersama the Lilywhites. Tapi, yang terjadi sebaliknya. Winger berusia 31 tahun itu tidak bisa berbuat banyak, dan membuang peluang emas ketika Spurs masih memimpin 3-2.

Namun, Mourinho tidak percaya turunnya Bale memberi efek negatif kepada Spurs. "Saya tidak berpikir begitu. Sejujurnya saya tidak berpikir demikian. Tidak memainkannya sejak awal, menurut saya adalah keputusan yang benar," katanya, dilansir skysport.

“Keputusan untuk mencadangkan Bale adalah pesan kepadanya dan tim ini bahwa setiap pemain harus berjuang keras agar bisa masuk tim inti. Tapi, memang cukup disayangkan dia gagal mencetak gol keempat kami yang bisa saja menyudahi pertandingan ini,” lanjutnya.

Pelatih asal Portugal itu merasa gagalnya Tottenham menjaga keunggulan karena kurangnya kekuatan mental. Para pemain tidak tampil terlalu galak seperti saat mempermalukan Manchester United (MU) 6-1 di Old Trafford.

(Baca Juga: Van Dijk: Dengan Bantuan Tuhan Saya akan Kembali )

Mourinho menilai kali ini pasukannya tidak berusaha membunuh lawan. “Kami mendapat pemain baru. Kami bermain lebih baik dari musim lalu. Saya bisa mengatakan hal sama soal West Ham. Mereka menjadi tim lebih baik setelah (David) Moyes datang,” pungkasnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)