Bayern Muenchen Harus Mulai dari Nol Lagi

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:35 WIB
loading...
Bayern Muenchen Harus Mulai dari Nol Lagi
Dua Penyerang Bayern Muenchen Corentin Tolisso (kiri) dan Robert Lewandowski (kanan). Foto/dok
A A A
MUNICH - Liga Champions musim lalu, Bayern Muenchen melakukan semuanya tanpa cela. Bayern tidak sekadar menjadi juara, tapi juga menciptakan banyak rekor saat mengangkat trofi kuping besar di Estadio da Luz, Lisabon, Portugal (24/8/2020).

Sebagai pengingat, Bayern mendapatkan gelar dengan catatan tak terkalahkan dalam 11 pertandingan dari fase grup sampai partai final. Bukan saja tidak kalah, tapi juga melakukan sapu bersih poin yang menjadi rekor baru di kompetisi tertinggi Benua Biru tersebut. (Baca: Pentingnya Mengajarkan Anak Secara Lisan)

The Bavarians juga menjadi tim paling produktif sepanjang musim lalu. Mereka sukses mencetak 43 gol atau rata-rata tiga gol atau lebih dalam satu pertandingan, termasuk delapan gol yang dicetak ke gawang Barcelona di laga semifinal, saat menang 8-2. Sementara rata-rata kemasukan mereka hanya 1,3 per laga atau delapan gol dari 11 pertandingan yang berlangsung hingga partai final.

Imbasnya, penyerang Robert Lewandowski, penjaga gawang Manuel Neuer, gelandang Joshua Kimmich, dan Pelatih Hans-Dieter Flick meraih penghargaan terbaik di akhir musim dari UEFA. Flick bahkan menjadi pelatih kedua dalam sejarah klub yang sukses mempersembahkan treble winner untuk Bayern setelah musim 2012/2013 di bawah Jupp Heynckes. (Baca juga: Rusia Siap Bekukan Seluruh Hulu Ledak Nuklirnya)

Catatan impresif tersebut sebenarnya cukup bisa menggambarkan bagaimana rasa percaya diri Bayern menghadapi laga perdana mereka di Liga Champions musim ini. Berada di Grup A, FC Hollywood akan menghadapi Atletico Madrid. Inilah salah satu rival terberat mereka di fase grup, dengan sedikit mengabaikan ancaman dari Lokomotiv Moscow dan FC Salzbourg.

Melawan Atletico, Bayern memiliki rekor bagus. Dari lima pertemuan, mereka berhasil mencatatkan tiga menang dan dua kali kalah. Neuer dkk juga punya catatan impresif saat menghadapi wakil Spanyol. Dari 14 perjumpaan dengan tim asal Primera Liga di babak grup Liga Champions, Bayern membukukan delapan kemenangan, tiga seri, tiga kekalahan). (Baca juga: Dunia Pendidikan Indonesia Belum Memiliki Peta Jalan yang Jelas)

Data lain Bayern belum kehilangan angka pun di kandang sejak 2002, saat tertinggal 2-3 melawan Deportivo La Coruna, termasuk catatan bahwa tim tuan rumah selalu menang di kandang sendiri saat kedua tim bersua. Satu-satunya hasil imbang terjadi pada final Piala Eropa 1974 di Brussels.

Tapi, Bayern bukan tanpa kekhawatiran. Salah satunya terkait kondisi pemain Bayern yang dikhawatirkan mengalami kelelahan karena sebagian besar anggota skuad tak memiliki waktu istirahat lama, imbas jadwal padat yang harus dijalani.

Saat tim lain sudah banyak istirahat kompetisi, pemain Bayern harus tampil di final Liga Champions, Piala Super Jerman, Piala Super Eropa, sampai tugas membela negara di UEFA Nations League. Selain itu, semua reputasi yang dibangun Bayern tersebut terjadi musim lalu dan tidak akan berpengaruh banyak pada penampilan mereka musim ini, selain sekadar menjadi penambah motivasi.

“Kami melewatkan beberapa sesi latihan (karena tugas internasional). Ini akan menjadi tantangan, tapi tidak ada pilihan lain dan kondisi itu tak bisa dijadikan alasan," kata Flick, setelah timnya mengandaskan Arminia Bielefeld 4-1, Sabtu (17/10/2020). (Baca juga: Liburan Aman dan Nyaman di Masa Pandemi)

Ancaman lain adalah faktor tren positif Atletico sejauh ini. Di kompetisi domestik, pasukan Diego Simeone belum terkalahkan dalam delapan pertandingan, dengan delapan poin berhasil dikumpulkan dengan dua menang dan dua kali imbang.

Salah satu faktor yang membuat Los Rojiblancos belum terkalahkan adalah keberanian Simeone dalam melakukan rotasi pemain. Arsitek tim asal Argentina itu telah menggunakan 19 pemain (20 termasuk Thomas Partey) dari 23 pemain di skuad tim utama dalam empat pertandingan pertama Atletico.

Hanya Jose Gimenez (virus Covid-19), Sime Vrsaljko (cedera), Ivo Grbic, dan Ivan Saponic yang belum tampil musim ini. Pelatih yang dijuluki El Cholo tersebut belum pernah menurunkan komposisi pemain yang sama dalam empat pertandingan terakhir. (Baca juga: Refly Harun Mengaku Menunggu Habib Rizieq Pulang)

Rotasi ini membuat pemain menjadi lebih termotivasi untuk bersaing. Salah satu indikasinya ada enam pemain berbeda telah mencetak delapan gol Atletico musim ini, dengan Luis Suarez satu-satunya pemain yang mencetak lebih dari satu kali. Sementaa Diego Costa, Angel Correa, Joao Felix, Marcos Llorente, dan Yannick Carrasco adalah nama lain pencetak gol Los Rojiblancos.

Dari daftar pencetak gol tersebut, nama Suarez menjadi perhatian. Sebagai mantan pemain Barcelona, Suarez menjadi bagian dari daftar pemain yang diturunkan saat Blaugrana dibantai Bayern 8-2. Sejauh ini, dia telah memainkan total 216 menit selama empat pertandingan liga dengan mencetak tiga gol dan memberikan satu assist.

Jika dibuat rata-rata, Suarez telah berpartisipasi dalam satu gol setiap 54 menit, angka yang membuktikan dia telah beradaptasi dengan gaya El Cholo. “Suarez pemain hebat. Saya yakin itu akan banyak membantu kami dan itu akan memberi kami lompatan ke depan yang berkualitas, yang selalu membantu dalam kompetisi seperti ini,” kata Llorente. (Lihat videonya: Dua Polisi yang Kawal Jogging Kena Sanksi Administratif)

Meski memiliki Suarez, Llorente mengingatkan jika menghadapi Bayern bukan persoalan mudah. “Mereka saat ini adalah klub terbaik di dunia. Mereka telah menunjukkannya dengan memenangkan edisi sebelumnya dan Piala Super. Kami telah menunjukkan bahwa kami dapat mengalahkan tim mana pun dan Rabu ini kami akan bekerja untuk melakukannya lagi,” tandas Llorente. (Maruf)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)