Tanpa Ramos di Liga Champions, Real Madrid Harus Siap Kalah

Rabu, 21 Oktober 2020 - 20:05 WIB
loading...
Tanpa Ramos di Liga Champions, Real Madrid Harus Siap Kalah
Pelatih Zinedine Zidane boleh saja optimistis Real Madrid bisa mengalahkan Shakhtar Donetsk di Liga Champions walau tanpa Sergio Ramos. Tapi, itu bukan jaminan. Foto: reuters
A A A
MADRID - Pelatih Zinedine Zidane boleh saja optimistis Real Madrid bisa mengalahkan Shakhtar Donetsk di Liga Champions walau tanpa Sergio Ramos . Tapi, statistik menunjukkan kalau Los Blancos seharusnya cemas.

(Baca Juga: Sergio Ramos Absen, Zidane Tetap Yakin Real Madrid Petik Kemenangan )

Madrid akan menjamu Shakhtar untuk melakoni laga pertama penyisihan Grup B di Estadio Alfredo Di Stefano, nanti malam. Meski demikian, tuan rumah tidak terlalu diunggulkan. Penyebabnya adalah kekalahan 0-1 pada laga kandang terbaru kontra Cadiz di LaLiga.

Tapi, faktor utama adalah absennya Ramos. Tidak adanya bek tengah berusia 34 tahun itu diyakini akan membuat Madrid rentan kebobolan dan akhirnya menelan kekalahan. Pasalnya, sudah ada bukti yang mendukung analisa tersebut, khususnya di Liga Champions.

(Baca Juga: Bisa Apa Dua Bek Debutan Liverpool di Markas Ajax? )

Menurut statistik selama tiga musim terakhir, Madrid sempat menelan enam kekalahan baik tandang maupun kandang lantaran tidak diperkuat Ramos. Bahkan, ada diantaranya dengan skor cukup telak.

2019/2020 – Penyisihan Grup A
PSG 3-0 Real Madrid
Ramos memulai dan mengakhiri kampanye Liga Champions musim lalu dengan skorsing. Dia absen pada laga pertama melawan PSG di Parc des Princes. Hasilnya, Madrid hanya bisa melihat Angel di Maria (14, 33) dan Thomas Meunier (90+1) mencetak gol.

2019/2020 – Leg 2, Babak 16 Besar
Manchester City 2-1 Real Madrid
Bertandang ke Etihad Stadium untuk membalas kekalahan 1-2 tanpa Ramos yang terkena skorsing, dianggap sebagai misi yang mustahil. Itu terbukti dimana wakil LaLiga itu tumbang lagi 1-2 hingga tertinggal 2-4 secara agregat.

2018/2019 – Penyisihan Grup G
CSKA Moscow 1-0 Real Madrid
Mengawali kampanye dengan meyakinkan yakni melibas AS Roma 3-0, Madrid dipercaya bakal mengamuk saat bertandang ke Rusia. Masalahnya, Los Blancos mengisirahatkan Ramos. Hasilnya, malah tumbang akibat gol Nikola Vlacic di menit kedua.

2018/2019 – Penysihan Grup G
Real Madrid 0-3 CSKA Moscow
Dengan Madrid sudah lolos ke babak 16 besar, pelatih Santiago Solari memutuskan menyimpan Ramos. Sekali lagi, dia dipaksa melihat Karim Benzema dkk dihajar tiga gol tanpa balas. Alhasil, misi balas dendam urung tercapai.

2018/2019 - Leg 2, Babak 16 Besar
Real Madrid 1-4 Ajax Amsterdam
Lantaran Madrid menang 2-1 pada pertemuan pertama, Ramos sengaja mendapat kartu kuning dan absen di leg kedua. Tujuannya agar bisa tampil di perempat final tanpa beban. Tapi, itu malah jadi blunder. Tanpa diduga, Ajax bisa menang 4-1 di Amsterdam Arena dan lolos ke fase selanjutnya.

2017/2018 – Leg 2, Babak Perempat final
Real Madrid 1-3 Juventus
Mungkin ini asal mula kutukan. Ramos tidak bisa tampil di Santiago Bernabeu karena skorsing. Ini semula dianggap tidak akan jadi soal karena Madrid menang 3-0 di Turin. Nyatanya, Juventus malah unggul dulu 3-0. Beruntung, Cristiano Ronaldo bisa memaksimalkan penalti saat injury time.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)