Arteta Lega Coret Mesut Oezil dari Skuat Arsenal di Musim 2020/2021

Kamis, 22 Oktober 2020 - 11:01 WIB
loading...
Arteta Lega Coret Mesut Oezil dari Skuat Arsenal di Musim 2020/2021
Mikel Arteta mengaku lega setelah dirinya mencoret nama Mesut Oezil dalam skuat Arsenal di Liga Primer Inggris musim 2020/2021 / Foto: Livescore
A A A
LONDON - Mikel Arteta mengaku lega setelah dirinya mencoret nama Mesut Oezil dalam skuat Arsenal di Liga Primer Inggris musim 2020/2021. Mantan pemain tim nasional Jerman itu tidak termasuk dalam 25 pemain di kompetisi domestik musim ini dan juga dikeluarkan dari skuat Liga Europa pada awal Oktober.

Arteta menegaskan keputusan itu dibuat semata-mata karena alasan sepak bola. Oezil, yang tidak bermain untuk klub sejak pertandingan melawan West Ham pada 7 Maret, menyatakan kekecewaannya atas keputusan tersebut.

Oezil lantas memanfaatkan media sosial pribadinya untuk meluapkan kekesalannya. "Saya berjanji setia dan setia kepada klub yang saya cintai, Arsenal, dan Saya sedih karena ini belum dibalas," tulisnya.

Pengaruh Oezil di skuat Arsenal sudah tak terasa lagi. Pemain yang pernah menyumbangkan 19 assist dan menciptakan 28 peluang dalam 35 pertandingan di Liga Primer Inggris musim 2015/2016, mengalami penurunan grafik. (Baca juga: Saat Ini yang Bikin Rossi Bahagia Cuma Menang )

Dalam empat musim terakhir, Oezil hanya mampu mencetak sembilan, delapan, dua dan dua assist. Musim lalu, bagaimanapun, dia menciptakan 2,36 peluang untuk setiap 90 menit dia berada di lapangan, lebih nyaman daripada pemain urutan kedua dalam daftar, Nicolas Pepe (1,79).

Namun, itu tidak cukup untuk membuat Arteta terkesan, dan dia mengatakan Oezil diberi setiap kesempatan untuk memaksakan pemikirannya setelah penunjukannya sebagai pelatih Arsenal pada Desember 2019. "Semua orang bebas mengungkapkan perasaannya. Apa yang bisa saya katakan dari pihak saya adalah bahwa ini hanya keputusan sepak bola. Hati nurani saya sangat tenang," cetus Arteta pada konferensi pers jelang laga perdana Grup B Liga Europa melawan Rapid Wien, Kamis (22/10).

"Saya dipekerjakan di klub sepak bola ini untuk membuat dan membangun sebuah proyek. Dia memiliki peluang seperti orang lain. Saya harus mengatakan bahwa saya mencoba untuk menatap mata semua orang dan merasa nyaman dengannya. Tugas saya adalah mengeluarkan yang terbaik dari setiap pemain. Saya merasa saat ini saya gagal karena saya menginginkan Mesut yang terbaik. Saat ini, saya belum bisa melakukan itu. Inilah kenyataan dalam sepak bola. Saya telah belajar bahwa apa pun bisa terjadi."

"Sejujurnya, saya bertanggung jawab penuh. Saya harus menjadi orang yang mengeluarkan yang terbaik dari para pemain. Itu keputusan saya. Saya mencoba bersikap adil dengan dia dan pemain lain. Saya tidak bisa mendiskusikan penampilan individu dari setiap pemain. Saya merasa sakit ketika saya harus meninggalkan pemain, percayalah. Saya tidak bisa mengungkapkan poin teknis dari keputusan tersebut."

Dengan demikian, Oezil harus menunggu setidaknya hingga Januari mendatang untuk menemukan klub baru. Dan, Arteta berharap pemain berusia 32 tahun itu terus berlatih bersama tim utama, dan mengatakan itu adalah tanggung jawabnya untuk membuatnya tetap termotivasi selama beberapa bulan mendatang. (Baca juga: Kemaluan Pemain Liga Brasil Berdarah Usai Diterjang Lawan )

"Dia telah berlatih bersama kami dan dia terlibat dengan rutinitas skuat. Kami mengharapkan dia untuk berlatih dan melakukan yang terbaik yang dia bisa. Saya harus membuatnya tetap termotivasi dalam keadaan sulit ini dan terus maju,' pungkas Arteta.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)