Liga Filipina Udah Mau Kick Off Nih, Liga 1 Kapan?

loading...
Liga Filipina Udah Mau Kick Off Nih, Liga 1 Kapan?
Ofisial tim Kaya-Iloilo di depan Hotel Seda Nuvali yang disulap menjadi gelembung Philippines Football League 2020. dok AFF
MANILA - Kompetisi sepak bola Indonesia semakin tertinggal dibanding negara lain di Asean. Teranyar, Philippines Football League (PFL) atau Liga Sepakbola Filipina 2020 akan kick off Minggu (25/10).

Laga perdana akan mempertemukan Azkals Development Team (ADT) versus Mendiola yang digelar pada pagi hari. Setelah itu, laga kedua pada sore hari mempertemukan Stallion-Laguna melawan Kaya-Iloilo.

Sukses menggulirkan kompetisi di tengah pandemi virus korona tidak lepas dari terobosan Federasi Sepak Bola Filipina (PFF). Mereka mengadopsi protokol kesehatankompetisi bola basket Amerika Serikat, NBA yang menggunakan ‘bubble’ atau gelembung.

Baca juga : Simalakama Pantang Libur Latihan Madura United



Penerapan sistem gelembung ini terbukti sukses di NBA di mana penularan Covid-19 bisa diminimalisasi. Pemain dan ofisial dari 22 tim mampu menampilkan permainan terbaiknya dan Los Angeles Lakers pada akhirnya keluar sebagai juara.

Ya, sistem serupa diterapkan PFF di mana seluruh pemain dan ofisial tim maupun pertandingan dikumpulkan dalam satu lokasi. Termasuk arena pertandingan yang menggunakan lapangan pusat pelatihan nasional PFF di Carmona, Cavite.

Pemain dari enam tim yakni ADT, United City, Maharlika, Stallion-Laguna, Kaya-Iloilo dan Mendiola sudah memasuki gelembung PFF sejak Rabu (21/10). Mereka ditempatkan di Hotel Seda Nuvali di Sta. Rosa, Laguna yang menjadi tempat resmi di turnamen.



Sebelum memasuki gelembung, seluruh pemain diwajibkan menjalab swab test dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Untuk memastikan pemain da ofisial tetap aman, mereka hanya diizinkan meninggalkan hotel untuk menggelar latihan atau mengikuti pertandingan.

“Semua anggota tim serta personel PFL dalam gelembung akan menjalani tes usap wajib. Mudah-mudahan, tidak ada dari mereka yang dites negatif,” kata Macth Commisioner PFL Coco Torres dilansir laman AFF, Jumat (23/10).

Untuk teknis pertandingan, liga digelar dengan format round robin satu putaran. Pertandingan yang akan dimainkan setiap dua hari, dengan tim yang memiliki jumlah poin terbanyak di akhir liga pada 6 November dinyatakan sebagai juara.

“Ini merupakan perjalanan yang panjang tetapi kami akhirnya di sini untuk pembukaan PFL edisi 2020. Ini adalah kompetisi yang sangat dibutuhkan baik untuk tim kami maupun penggemar sepak bola yang sudah rindu melihat pemain favorit mereka beraksi,” kata presiden PFF Mariano Araneta Jr.
(abr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top