Ini Dia Wasit yang Memimpin Laga El Clasico

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 18:14 WIB
loading...
Ini Dia Wasit yang Memimpin Laga El Clasico
Juan Martinez Munuera/foto/mundodeportivo
A A A

BARCELONA - Pertandingan sebesar El Clasico membutuhkan wasit dengan kualitas di atas rata-rata. Pengadil juga harus siap mental menghadapi tekanan dari pemain, ofisial dan sorotan kamera televisi yang akan terus mengawasi serta mengamati semua keputusan yang diambil. Meski dibantu video assistant referee (VAR), tak berarti mereka akan bebas kritik.

Lalu siapa yang akan memimpin El Clasico edisi perdana musim ini? Seperti diumumkan Komisi Arbitrase LaLiga yang terdiri dari Velasco Carballo dan Lopez Nieto, pertandingan di Camp Nou, Sabtu (24/10) tersebut akan dipimpin wasit internasional Juan Martinez Munuera. Munuera akan dibantu wasit VAR Sanchez Martinez, yang terpilih musim lalu sebagai wasit Spanyol terbaik.

Bagi pengadil berusia 38 tahun itu, ini adalah kali pertama dia memimpin laga Barcelona vs Real Madrid. Meski begitu, dia dianggap memiliki pengalaman memimpin pertandingan yang melibatkan dua raksasa Spanyol itu. Munueratelah memimpin sebanyak 24 kali, dengan 15 kemenangan , lima imbang dan empat kalah. Wasit asal Valencia itu juga telah memimpin laga 21 kali pertandingan Barcelona dengan 15 kemenangan untuk Blaugrana, imbang dan kalah masing-masing tiga kali. ( ).

Menurut catatan, musim ini, Manuera hanya sekali dikoreksi VAR saat pertandingan Getafe vs Betis, karena menganulir gol Angel yang dianggap offside. Sedangkan musim lalu dia dikoreksi sebelas kali yang merupakan jumlah terbanyak kedua setelah Estrada Fernández. Inilah tantangan terbesar untuk Manuera apalagi selama ini anggapan bahwa pengadil akan memberikan keuntungan pada Madrid. ( )

Beruntung, Manuera mendapat bantuan dari Martínez yang terpilih sebagai wasit terbaik Spanyol musim lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, kinerjanya sebagai wasit VAR mendapat pengakuanFIFA dan UEFA sehingga terpilih untuk VAR final Piala Dunia Wanita, membantu Del Cerro Grande, dan sebagai VOR utama di final Liga Champions Wanita.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)