Balap Formula 1, Vettel Curiga Ferrari Curangi Mobilnya

Rabu, 28 Oktober 2020 - 15:05 WIB
loading...
Balap Formula 1, Vettel Curiga Ferrari Curangi Mobilnya
Sebastian Vettel. Foto/dok
A A A
PORTIMAO - Sebastian Vettel menilai mobil Ferrari SF1000 miliknya lebih lambat dari mesin rekan setimnya, Charles Leclerc. Kondisi itu terlihat ketika dirinya hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi 10 pada Grand Prix (GP) Portugal, akhir pekan lalu.

Vettel tampak kecewa dengan hasil tersebut. Dia mengaku benar-benar mengalami kesulitan untuk bisa bersaing di barisan depan. Bahkan, dia juga di-overtaking satu lap oleh pemenang balapan ini, Lewis Hamilton (Mercedes). Hal itu sangat berbeda dengan Leclerc yang mampu menembus posisi keempat. (Baca: Berdoa Keburukan untuk Orang yang Menzalimi)

Tidak hanya itu, Vettel juga baru mencetak 18 poin di musim ini. Torehannya tersebut sekaligus menjadi yang terendah sepanjang kariernya menjadi pembalap F1 sejak dari 2008.

Kepala tim F1 Ferrari Mattia Binotto sempat berkilah jika yang dialami Vettel tahun ini bukan karena masalah mobil. Dia menyebut jika mobil yang dikendarai Leclerc dan Vettel sebenarnya sama. Namun, Vettel tidak begitu yakin bahwa mobilnya memiliki kecepatan yang sama dengan rekan setimnya itu.

“Anda dapat melihat di telemetri bahwa mobil lain jauh lebih cepat di beberapa bagian, saya tidak bodoh. Saya tidak tahu apakah harus mengatakan lebih banyak, tapi saya sudah mencoba segalanya. Ada waktu putaran dan harus berpikir bahwa kami memiliki mobil yang sama karena memercayai orang-orang di sekitar saya,” kata Vettel, dilansir autoweek.

Dengan lima balapan tersisa di musim ini, Leclerc sekarang berada di urutan kelima dalam klasemen pembalap sementara dengan 75 poin. Sementara Vettel, yang musim depan akan meninggalkan Ferrari untuk balapan bersama Racing Point pada untuk F1 2021 berada di urutan ke-13 dengan hanya 18 poin. (Baca juga: DPR Dorong Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur)

Binotto pun bergerak cepat untuk menghilangkan keraguan tentang perlakuan tidak adil antara Leclerc dan Vettel. Menurutnya, performa Leclerc memang lebih baik dibandingkan Vettel saat balapan tersebut.

“Mobil Vettel dan Leclerc identik, tidak ada keraguan tentang Itu. Leclerc memang sangat bagus, tapi mungkin kita bisa berharap lebih dari pembalap kedua,” paparnya.

Selain itu, Binotto juga mengatakan tidak ada rencana untuk tidak membantu Vettel. Dia mengaku timnya sudah berusaha keras mencoba mencari cara bisa meningkatkan tunggangan kedua pembalapnya itu. Namun, mobil Ferrari Leclerc justru lebih bagus dibandingkan pembalap asal Jerman tersebut.

“Saya juga yakin dia ( Vettel) mendapatkan poin lagi yang akan membuatnya lebih percaya diri. Di sini, saya pikir dia bisa lebih cepat dalam hal potensinya, tapi kami tidak bisa menekannya begitu banyak sekarang. Kami kembali melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa dia bisa menyelesaikan musim ini dengan sebaik mungkin,” ucap Binotto. (Lihat videonya: Tolak Omnibus Law, Ribuan Buruh Kembali ke Jalan)

Dari hasil balapan itu, Ferrari mendapatkan kabar baik dari pembaruan yang diperkenalkan selama tiga balapan terakhir yang berfungsi dengan baik. “Kami pikir arah yang kami ambil adalah yang benar. Kami tahu jalan mana yang harus diambil jadi sekarang kami mendorong sebanyak mungkin untuk tahun depan,” ungkapnya. (Raikhul Amar)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)