Jelang Olimpiade, Tokyo Bangun Pusat Medis di Kampung Atlet

loading...
Jelang Olimpiade, Tokyo Bangun Pusat Medis di Kampung Atlet
Jelang Olimpiade, Tokyo Bangun Pusat Medis di Kampung Atlet. Foto: IST
TOKYO - Pemerintah kota Tokyo berencana membangun pusat medis yang terintegrasi dengan kawasan kampung atlet. Proyek ‘health base’ itu diharapkan dapat menjamin para atlet terbebas dari virus corona saat Olimpiade.

Proyek health base itu digagas Satgas penanggulangan virus corona yang terdiri dari pejabat pemerintah Jepang dan pemerintah kota metropolitan Tokyo serta panitia Olimpiade Tokyo 2020. Dalam rapat keempat mereka setelah pandemi muncul, disepakati adanya pusat kesehatan di kampung atlet.

Surat kabar Kyodo News menyebut ‘pangkalan medis’ para atlet itu nantinya tak sulit di jangkau dari kampung atlet, tetapi letaknya tidak berada di dalam area pengiapan peserta Olimpiade. Fasilitas kesehatan itu dilengkapi dokter serta pemusatan kendali virus. (Baca Juga: 10 Atlet Terinfeksi Virus Corona, Italia Tutup Pelatnas Renang )

“Pangkalan itu terpisah dari klinik umum di kampung atlet,” tulis Kyodo News dalam laporannya, Kamis (29/10/2020).

Para pejabat Tokyo 2020 (panitia Olimpiade) memang belakangan ini optimistis menggelar pesta olahraga terbesar di dunia tahun depan. Meskipun masih di bawah ancaman krisis kesehatan global, mereka yakin Olimpiade bisa berjalan tanpa membahayakan nyawa atlet, relawan, dan semua yang terlibat nantinya.



Ambisi panitia Olimpiade Tokyo 2020 sejalan dengan Komite Olimpiade Internasional. Presiden IOC baru-baru ini mengatakan bahwa dia berharap tidak ada satu pun negara yang mundur dari pesta olahraga ini. (Lihat Grafis: Murka Pogba Jawab Rumor Dia Mundur dari Timnas Prancis )
(bbk)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top