Boston Marathon 2021 Masih Tanda Tanya

loading...
Boston Marathon 2021 Masih Tanda Tanya
Pelari mengikuti ajang WMM Boston Marathon 2019 lalu. int
BOSTON - Penyelenggaraan kejuaraan marathon bergengsi di dunia, Boston Marathon 2021 masih menjadi tanda tanya. Penyebabnya, pandemi virus corona di Amerika Serikat tidak kunjung mereda. Padahal, ajang World Marathon Majors (WMM) itu rutin digelar pada April setiap tahunnya.

Wabah Covid-19 menjadi pukulan telak bagi dunia olahraga tidak terkecuali kejuaraan lari jalan raya. Musim ini, dari enam ajang WMM hanya dua yang terlaksana yakni Tokyo Marathon, dan London Marathon. Itu pun terbatas untuk pelari elit.

Baca juga : Ironi Romero yang kini Jadi Penjaga Gawang Kempat MU

Empat ajang marathon bergengsi lainnya, Berlin Marathon, Chicago Marathon, New York Marathon, dan Boston Marathon, dibatalkan. Tiga ajang terakhir seluruhnya digelar di Amerika Serikat. Sebagai pengganti, kejuaraan digelar secara virtual.



Khusus untuk Boston Marathon yang merupakan ajang tertua di dunia, itu merupakan pembatalan kali pertama. Namun, skenario lomba virtual masih berpotensi terjadi lantaran Asosiasi Atletik Boston (BAA) menyatakan sulit untuk menggelar kejuaraan sesuai jadwal.

Sekadar diketahui, Boston Marathon digelar pada hari Senin ketiga di bulan April.Dalam sebuah keterangannya, BAA menyatakan acara tahun depan akan ditunda setidaknya hingg musim gugur 2021.

Meski demikian, belum ada tanggal pasti kapan kejuaraan akan digelar. BAA menambahkan akan melanjutkan pertemuan dengan pejabat kesehatan masyarakat, kota dan negara bagian untuk menentukan bagaimana Maraton Boston dapat digelar kembali.



“Dengan kurang dari enam bulan, kami tidak dapat menjadi tuan rumah Marathon Boston pada April mendatang. Dengan mengalihkan fokus ke musim gugur, kami dapat terus bekerja dengan pemangku kepentingan untuk menyesuaikan pengalaman langsung bagi pelari dan penonton,” kata Kepala Eksekutif BAA Tom Grilk.

BAA berharap untuk mengumumkan tanggal baru pada akhir 2020. Saat ini, pihaknya tengah menilai potensi keselamatan peserta, relawan, penonton, dan anggota komunitas.

“Kami optimistis Boston Marathon akan melanjutkan tradisi merayakan semangat komunitas dan atletik musim gugur mendatang. Kami tahu akan ada banyak pertanyaan dan kami akan berusaha menjawabnya dalam beberapa bulan mendatang,” kata Grilk

Saat ini, kasus Covid-19 di AS memang semakin melonjak. Sejak kemunculan, tercatat sudah ada lebih dari 8,8 juta kasus dan 227.000 kematian akibat virus corona.
(abr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top