Lima Pembelian Terbaik Barcelona di Era Dinasti Bartomeu

Rabu, 04 November 2020 - 10:31 WIB
loading...
Lima Pembelian Terbaik Barcelona di Era Dinasti Bartomeu
Lima Pembelian Terbaik Barcelona di Era Dinasti Maria Bartomeu/The Sun
A A A
Josep Maria Bartomeu belum lama ini mundur dari kursi Presiden Barcelona . Bartomeu mundur setelah Barca mengalami episode buruk di musim 2019-2020. Situasi itu, membuat anggota klub pun akhirnya mengeluarkan mosi tidak percaya kepada Bartomeu, hingga akhirnya ia memilih mundur dari jabatan presiden klub.



Meski dinilai gagal, Bartomeu sejatinya memiliki beberapa kontribusi bagi Barca dalam pembelian pemain. Bahkan setidaknya ada lima pemain terbaik yang dipinang Bartomeu kala masih jadi Presiden barca. Berikut lima pemain terbaik Barca di era Bartomeu:
  1. Paulinho (Brasil)
Keputusan Bartomeu mendatangkan Paulinho pada musim panas 2017 memang sempat menimbulkan pertanyaan. Terlebih Paulinho direkrut Barca dari peserta Liga China, Guangzhou Evergrande. Selain itu, Paulinho juga punya pengalaman buruk berkarier di Eropa kala berseragam Tottenham Hotspur. Bahkan ketika diperkenalkan sebagai pemain baru, banyak pendukung Barca yang mengejeknya. Namun Paulinho tak patah arang, dan berhasil menunjukkan peran vitalnya di lini tengah Barca. Bahkan Paulinho berhasil mempersembahkan gelar Liga Spanyol dan Copa del Rey 2017-2018.
  1. Clement Lenglet (Prancis)
Berbeda dengan Paulinho, keputusan Bartomeu mendatangkan Lenglet dari Sevilla pada jendela transfer musim panas 2018 menuai banyak komentar positif. Terlebih, Lenglet memang berhasil tampil begitu mengesankan kala mengawal pertahanan Sevilla. Lenglet pun berhasil meneruskan performa terbaiknya tersebut bersama Barca. Bahkan hingga kini, posisi personel tim nasional (Timnas) Prancis tersebut di jantung pertahanan Barca nyaris tidak tergantikan oleh pemain lain.
  1. Ivan Rakitic (Kroasia)
Rakitic menjadi pemain lain yang direkrut Bartomeu dengan pujian-pujian dari para penggemar Barca. Pasalnya keputusan Bartomeu mendaratkan Rakitic ke Estadio Camp Nou pada musim panas 2014 dari Sevilla memang dinilai sangat tepat. Ya, Rakitic pun berhasil menjadi jenderal lini tengah Barca selama enam musim. Dalam kurun waktu tersebut, Rakitic berhasil mempersembahkan 13 titel untuk skuad Blaugrana –julukan Barca. Namun sayang, pada musim panas kemarin Rakitic memutuskan pergi dari Barca demi kembali membela Sevilla.
  1. Marc-Andre Ter Stegen (Jerman)
Tidak ada satupun yang menyangka bahwa Ter Stegen bakal menjadi salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki oleh Barca. Namun hal tersebut nampaknya sudah diprediksi oleh Bartomeu, ketika mendatangkannya dari Borussia Monchengladbach pada musim panas 2014 dengan mahar 12 juta euro atau sekira Rp204 miliar saja.



Perlahan tapi pasti, Ter Stegen pun mulai menunjukkan betapa hebat kualitasnya sebagai penjaga gawang. Bahkan hingga kini kiper berkebangsaan Jerman itu nyaris tak tergantikan di bawah mistar gawang Barca, serta berhasil mempersembahkan 12 gelar untuk klubnya.
  1. Luis Suarez (Uruguay)
Keputusan berani pernah dibuat Bartomeu ketika mendatangkan Luis Suarez dari Liverpool pada musim panas 2014 dengan nilai transfer mencapai 82 juta euro atau sekira Rp1,3 triliun. Terlebih Suarez sendiri harus menjalani hukuman larangan bermain selama sembilan laga resmi usai mengigit bek Timnas Italia, Giorgio Chiellini, di gelaran Piala Dunia 2014.

Perjudian Bartomeu pada saat mendatangkan Suarez pun terbayar lunas di akhir musim 2014-2015. Pasalnya, penyerang Timnas Uruguay tersebut berhasil membawa Barca meraih treble winners untuk kedua kalinya sepanjang sejarah klub. Namun kisah romantis antara Suarez, Bartomeu, dan Barca harus berakhir pada musim panas 2019. Kini Suarez bermain untuk rival Barca, Atletico Madrid.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)