Setahun Absen Akibat Cedera, Andreescu Siap Comeback

Kamis, 05 November 2020 - 13:46 WIB
loading...
Setahun Absen Akibat Cedera, Andreescu Siap Comeback
Bianca Andreescu. Foto/wta tour
A A A
THORNHILL - Satu tahun sudah Bianca Andreescu absen dari ingar bingar tenis dunia akibat cedera. Tapi kini petenis asal Kanada sudah pulih dan siap melakukan comeback. Ajang Grand Slam Australia Terbuka 2021 akan menjadi pembuktian dirinya masih layak diperhitungkan.

Andreescu menyatakan sebenarnya masih membutuhkan waktu untuk bisa pulih 100% dari cedera. Namun, waktu tersisa dua bulan lebih tampaknya sudah cukup untuk mempersiapkan diri bermain di Australia Terbuka. Apalagi dia sudah tidak sabar kembali bermain secara kompetitif yang terakhir kali dilakukannya, tahun lalu. (Baca: Waspada dengan Virus Kejahilan)

“Saya tidak akan mengatakan siap besok untuk memainkan pertandingan karena saya memilih melangkah tahap demi tahap. Mungkin dalam beberapa minggu saya akan baik-baik saja. Tapi saya menunggu 2021, itu akan menjadi tahun yang tepat. Bermain di Australia Terbuka, ya siap 100%,” kata Andreescu dilansir tennismajor.

Andreescu sebenarnya baru menunjukkan kepopulerannya pada tahun lalu. Ketika itu, dia tampil sangat luar biasa dengan sukses meraih tiga gelar juara bergengsi, salah satunya Amerika Serikat Terbuka 2019. Dia menjadi juara usai mengalahkan Serena Williams dan membuatnya menjadi petenis remaja yang memenangi Grand Slam sejak 2006.

Namun, petenis berusia 20 tahun itu kemudian mengalami cedera lutut kirinya saat berlaga di WTA Final pada Oktober lalu. Ditambah pandemi virus korona (Covid-19), membuat Andreescu tidak bisa bermain di pertandingan secara kompetitif tahun ini. Bahkan, tak lama sebelum Prancis Terbuka yang dijadwalkan ulang pada September lalu, petenis berperingkat tujuh dunia ini pun akhirnya mengumumkan tak akan bermain di sisa musim 2020. (Baca juga: Kabar Baik, Pasien Sembuh Covid-19 Terus Meningkat)

Andreescu lebih memilih untuk fokus mengembalikan kebugaran fisiknya 100%. Apalagi dia menyadari jadwal bakal lebih padat pada tahun depan. Selain Tour WTA, petenis kelahiran 16 Juni 2000 ini juga memiliki hasrat untuk bermain di ajang Olimpiade Tokyo 2021.

“Meskipun sulit untuk sampai pada kesimpulan ini, saya memiliki banyak hal yang dinantikan pada 2021, termasuk Olimpiade. Saya ingin menggunakan waktu ini untuk memfokuskan permainan sehingga saya bisa kembali lebih kuat dan lebih baik dari sebelumnya,” paparnya.

Selain mengumumkan jadwal comeback-nya, Andreescu juga mengungkapkan apa yang membuatnya begitu lama untuk kembali ke lapangan. Dia mengaku ingin memiliki waktu untuk bersantai dan fokus pada penyembuhan cederanya. Hasilnya, itu benar-benar sangat membantunya

“Saya sangat sehat. Saya sangat ingin meluangkan waktu untuk membangun segala sesuatu dalam hidup saya, dan menurut saya, waktu istirahat ini membantu saya melakukan itu,” ucap Andreescu. (Lihat videonya: Warga Lebak Panggul Motor Terobos Banjir)

Dengan kembalinya Andreescu, persaingan tenis putri tampaknya bakal didominasi dengan petenis-petenis muda. Baru-baru ini Iga Swiatek baru saja menjuarai Prancis Terbuka 2020 di usia 19 tahun. Generasi muda tentunya bakal memberikan perlawanan yang berat kepada para petenis mapan, seperti Simona Halep, Serena Williams, Karolina Pliskova, dan Naomi Osaka, terutama di turnamen WTA.

Karena itu, para penggemar tenis pasti sangat berharap Andreescu bisa segera kembali dan menunjukkan keahliannya yang luar biasa di atas lapangan. Jadi, Australia Terbuka yang saat ini dijadwalkan berlangsung mulai 20 Januari hingga 2 Februari, bisa menjadi awal dari persaingan petenis muda dengan petenis berpengalaman. (Raikhul Amar)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)