Kisah Mary Wilson: Selamat Diserang Taliban, Melawan Sakit Kronis

Sabtu, 09 Mei 2020 - 10:08 WIB
loading...
Kisah Mary Wilson: Selamat Diserang Taliban, Melawan Sakit Kronis
Mary Wilson, Selamat Diserang Taliban Kini Fokus Paralimpiade di Usia 56/BWF
A A A
Perkenalkan namanya Mary Margaret Wilson, atlet Para Bulu Tangkis. Usianya hampir 60 tahun. Namun, dia masih bersemangat memburu medali Paralimpiade. Banyak kisah seru yang mengiringi perjalanan karir Mary dari seorang perawat hingga menjadi atlet Para Bulu Tangkis. Perjuangannya pun tidak mudah di tengah sakit yang dialaminya. Ketika dia diberitahu bahwa dia menderita multiple sclerosis pada tahun 2004, perawat psikiatris Mary Margaret Wilson tidak akan pernah membayangkan bermain Para Bulu Tangkis di Kejuaraan Dunia.

Tiga belas tahun kemudian di Ulsan, Korea, pemain asal Skotlandia itu melakukan hal itu pada usia 53, hampir setahun setelah mengambil olahraga pada akhir 2016. Kesulitan tidak membuat Mary, pemain nomor 13 dunia di nomor tunggal Standing Lower (SL4) wanita, untuk kembali.

Sejak didiagnosis dengan kondisi neurologis kronis yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang, Wilson telah mengatasi beberapa tantangan yang mencengangkan. Sambil berjuang melawan penyakitnya, dia selamat dari serangan yang bisa berakibat fatal. Dia bahkan sering hiking - 282 gunung di Skotlandia lebih dari 914m.

Pada 2008, saat bertugas di Camp Bastion, pangkalan udara Angkatan Darat Inggris di Helmand, ia menjadi sasaran seorang sopir truk Taliban.’’Saya mendengar kendaraan ini di belakangku. Dia menyalakan lampu redup dan mengemudi lebih cepat dan lebih cepat dan mencoba menabrak saya. Saya berhasil keluar dari jalan,”tutur Wilson mengenang kejadian itu kepada AFP.

Sepuluh tahun kemudian, dia dihadapkan dengan situasi berbahaya lain di Afrika. Dalam perjalanan ke bandara setelah turnamen di Uganda, dia dipaksa turun dari bus dengan todongan senjata oleh polisi, yang membawanya ke tempat terpencil dan menuntut USD1.000. "Pelatihan pasukan saya dimulai di sana," kata mantan sersan itu. ’’Saya tenang, tidak berteriak.’’

Dalam situasi terdesak, Mary berhasil memotret wajah si polisi tanpa diketahui. ’’Saya mencapai kesepakatan dengannya, memberinya sejumlah uang dan mengelola, tanpa sepengetahuannya, untuk mengambil foto dirinya.’’ ’’Ketika saya kembali ke rumah, saya memberi tahu pihak berwenang dan dia ditangkap serta dipenjara.''

Mary bergabung dengan Korps Keperawatan Angkatan Darat Ratu Alexandra pada tahun 1993 saat berusia 29 dan bertugas di zona tempur di seluruh dunia. Dia pensiun pada 2012. Setelah menjadi atlet, Mary sangat ingin memenuhi harapan utamanya - bersaing di Tokyo 2020 Paralympic Games. Tapi mimpi itu, dia khawatir, bisa hancur oleh penundaan acara untuk tahun depan setelah pandemi COVID-19. ’’Setahun adalah waktu yang lama untuk berlatih keras. Saya merasa tubuh saya mundur. (Penyakit) itu memengaruhinya,”akunya.

Namun Mary menolak untuk memperlambat, mengubah rumah di Edinburgh menjadi gym darurat untuk tetap bugar untuk turnamen ketika mereka akhirnya melanjutkan.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)