Gagal di Paris Masters, Nadal Tatap ATP Finals

Senin, 09 November 2020 - 13:35 WIB
loading...
Gagal di Paris Masters, Nadal Tatap ATP Finals
Rafel Nadal. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Ambisi Rafael Nadal menjadi juara di Paris Masters untuk pertama kalinya tak tercapai. Namun, petenis asal Spanyol itu tetap percaya diri dan mengalihkan fokusnya menghadapi ATP Finals.

Nadal kecewa berat tidak berhasil membawa gelar di Paris Masters 2020. Padahal, dia berhasrat bisa membawa pulang salah satu trofi Masters yang belum mengisi lemari pialanya. Namun, petenis nomor dua dunia itu terhenti di semifinal oleh Alexander Zverev di dua langsung 4-6.4-7. (Baca: Pentingnya Tafakuri Diri)

Padahal, kemenangan akan membuatnya semakin dekat untuk bisa menyamai rekor Novak Djokovic sebagai peraih gelar terbanyak di turnamen Masters dengan 36 trofi. Sayangnya, Nadal tak mampu melakukannya dengan baik. “Tentu saja saya ingin pergi dari sini dengan membawa trofi,” kata Nadal dilansir essentiallysport.

Padahal, Paris sebenarnya menjadi kota yang paling mengesankan bagi Nadal. Tapi itu bukan untuk Paris Masters, melainkan Prancis Terbuka di Roland Garros. Raja Tanah Liat ini memang sudah berjuang untuk menaklukkan turnamen lapangan keras dalam ruangan, yang memang kurang cocok dengan gaya bermainnya.

Buktinya, Nadal hanya baru sekali mencapai final di Paris Masters. Itu pun sudah terjadi pada 2007 lalu. Kondisi ini pun memunculkan banyak pertanyaan, apakah turnamen itu sudah mengutuk Nadal? Ini memang pandangan yang tidak biasa. Namun, petenis berusia 34 tahun itu menanggapinya dengan santai dan menolak dikaitkan dengan sesuatu yang mistis.

“Menurut saya, Paris Masters tidak memiliki kutukan sama sekali. Bagi saya, hal yang paling normal di dunia adalah tidak pernah memenangi Masters 1000 dan kalah dari petenis hebat seperti Zverev. Ini adalah turnamen pertama saya di permukaan ini. Saya tidak akan pernah berbicara tentang turnamen yang dikaitkan dengan sesuatu yang aneh,” ucap Nadal. (Baca juga: Sosialisasi Minim, Banyak Sekolah tak tahu Penyederhanaan Kurikulum)

Menurut Nadal, turnamen ini sudah memberikannya banyak hal positif dalam permainannya. Petenis unggulan pertama itu memenangi dua laga tiga set – melawan rekan senegaranya, Feliciano Lopez dan Pablo Carreno Busta – dalam perjalanan menuju semifinal di Paris Masters musim ini, sebelumnya kalah dari Zverev di semifinal.

Baginya, ini bukan turnamen yang buruk dalam kariernya. Sebab, dia sudah menghabiskan beberapa jam di atas lapangan dengan permainan terbaiknya. Namun, dia tentu sangat ingin memenangi turnamen itu. Tapi, itu merupakan hal yang paling sulit di lapangan keras, yang bukan favoritnya.

“Saya cukup kompetitif, bertahan sampai akhir untuk melawan petenis yang bermain dengan luar biasa di lapangan, di mana dia mencetak banyak kemenangan. Turnamen ini telah menjadi turnamen yang positif bagi saya. Tentu saya tidak senang dengan kekalahan, tetapi itu bagian dari olahraga ini,” lanjut Nadal.

Meski begitu, Nadal akan mengesampingkan hasil permainan di Paris Masters. Kini dia bakalan fokus mempersiapkan diri untuk bermain pada ATP Finals di O2 Arena, London pada 15 - 22 November ini. Apalagi Nadal belum memiliki trofi dari hasil turnamen sebagai penutup musim tersebut. (Baca juga: Kemendagri: Perusahaan Fintech Wajib Lindungi Data pribadi)

Usai delapan peserta sudah dikonfirmasi bermain di turnamen itu, seharusnya ada banyak waktu bagi semua petenis untuk berlatih sebelum bermain di ajang pengujung musim ATP 2020 tersebut. Bahkan, Nadal mengakui bahwa dia perlu mengubah penampilannya di area tertentu untuk meningkatkan permainannya selama berada di atas lapangan nanti.

“Saya harus merasa lebih percaya diri di bagian backhand dan saat mengurangi. Ini adalah salah satu hal untuk meningkatkan. Saya memiliki satu pekan dan akan sedikit lebih banyak berlatih, serta berharap saya siap untuk melakoninya. Sekarang, saya akan pulang ke rumah untuk beristirahat dan kemudian terbang ke London,” ucap Nadal. (Raikhul Amar)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)