Harga Kuda Balap Galileo Kalahkan Mahar Transfer Messi & Ronaldo

Selasa, 10 November 2020 - 18:01 WIB
loading...
Harga Kuda Balap Galileo Kalahkan Mahar Transfer Messi & Ronaldo
Harga Kuda Balap Galileo Kalahkan Mahar Transfer Messi & Ronaldo. Foto: The Sun
A A A
FETHARD - Seekor kuda balap Galileo dari peternakan di Irlandia punya nilai lebih tinggi dari transfer Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Betapa tidak, kuda tersebut selalu berhasil memenangkan lomba dengan hadiah mencapai 600 ribu pound atau setara Rp11,11 miliar.

Bagi Galileo, lintasan balap (pacuan kuda) adalah gelanggang yang selalu berhasil dia menangkan. Bersama pelatihnya, Aidan O'Brien, Galileo mendominasi lintasan dengan memenangkan pacuan Royal Ascot- sebuah acara balap kuda eksklusif yang hanya dihadiri oleh kalangan elit Inggris.

Menurut laporan The Sun, kuda tersebut sekarang dihargai 180 juta euro atau sekitar Rp3,3 triliun. Nilai kuda Galileo lebih tinggi dari biaya transfer pesepak bola bintang macam Harry Kane, Neymar Jr, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. (Baca Juga: Cara Mencegah Terjadinya Pembobolan Rekening Nasabah )

Pada tahun 2008, kuda Galileo menjadi nomor satu di dunia dengan memenangkan Derby Irlandia. Sejak saat itu, kecuali pada 2009, kuda Galileo selalu berhasil menjadi pemenang dalam pacuan.

Ras kuda Galileo juga menghasilkan keturunan yang menguasai berbagai ajang balap atau pacuan. Anak-anak kuda Galileo seperti Nathaniel dan Frankel juga selalu menjadi andalan dalam perlombaan.

Galileo sekarang berada di peternakan kuda jantan terkemuka bernama Coolmore Stud yang berlokasi di Fethard, Irlandia. Peternakan tersebut terkenal menghasilkan kuda balap yang tangkas dan kuat.

Dibayar Rp5 Miliar untuk Kawin
Akhir tahun lalu kuda Galileo ditawari Rp5 miliar untuk kawin dengan kuda betina dari peternakan lain. Setiap kuda pacu jantan yang telah mencapai umur dewasa mendapatkan ‘stud fee’ untuk setiap perkawinan yang dilakukan dengan kuda betina dari peternakan lain. Uang ini tentu masuk ke kantong si pemilik kuda pacu jantan itu.

Seekor kuda dari Jepang bernama Deep Impact mendapat bayaran 366 ribu dolar AS atau sekitar Rp5 miliar. (Baca Juga: Pordasi Pastikan Cabang Berkuda Absen di PON Tahun Depan )

Kuda jantan asal Amerika yaitu Tapit juga dihargai sekitar 300 ribu dolar AS atau sekitar Rp4.2 miliar untuk stud fee. Kuda itu pernah mencapai nilai jual sekitar 120 juta dolar AS atau sekitar Rp1.7 triliun.

Jumlah kuda jantan unggul untuk bibit ini jumlahnya memang hanya sedikit. Di Inggris, hanya ada lima ekor kuda yang terbilang unggul.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1140 seconds (10.177#12.26)