Mendebarkan, Akankah Sejarah Pemenang Terbanyak Lewati Rekor MotoGP 2016?

Selasa, 10 November 2020 - 21:11 WIB
loading...
Mendebarkan, Akankah Sejarah Pemenang Terbanyak Lewati Rekor MotoGP 2016?
Pagelaran MotoGP 2020 telah menghadirkan sembilan pembalap berbeda yang menjadi pemenang. Catatan itu setidaknya mampu menyamai rekor yang pernah diciptakan para pembalap pada 2016 lalu / Foto: MotoGP
A A A
VALENCIA - Pagelaran MotoGP 2020 telah menghadirkan sembilan pembalap berbeda yang menjadi pemenang. Catatan itu setidaknya mampu menyamai rekor yang pernah diciptakan para pembalap pada 2016 lalu.

Pada 2016, ada sembilan pembalap berbeda yang berhasil berdiri gagah di podium pertama. Mereka adalah Jorge Lorenzo (Qatar, Prancis, Italia, dan Valencia), Marc Marquez (Argentina, Austin, Jerman, Aragon dan Jepang), Valentino Rossi (Spanyol dan Catalonia), Jack Miller (Belanda), Andrea Iannone ( Austria), Cal Crutchlow (Rep Ceko), Maverick Vinales (Inggris), Dani Pedrosa (San Marino) dan Andrea Dovizioso (Malaysia).

Meskipun ada sembilan pembalap memenangi balapan, namun pada akhirnya hanya satu yang keluar sebagai juara dunia MotoGP . Dan, dia adalah Marquez. Pembalap tim Repsol Honda itu tak hanya mengoleksi lima kemenangan saja, namun ia juga mampu menambah poin dengan berada di podium kedua dan ketiga.

Marquez pun keluar sebagai pemenang dengan raihan 298 poin. Dia unggul 49 angka dari pesaing terdekatnya Rossi. ( Infografis Joan Mir di ambang Juara Dunia MotoGP )

Berbeda dengan musim 2016, persaingan perebutan gelar juara MotoGP tahun ini terbilang cukup menarik. Dengan kondisi pandemi Covid-19 ditambah cedera yang menimpa Marquez membuat balapan terlihat seimbang.

Penikmat balap MotoGP di seluruh dunia nyaris kesulitan untuk memprediksi siapa yang bakal keluar sebagai pemenang di setiap serinya. Itu dibuktikan dengan sembilan pemenang berbeda yang mampu memenangkan balapan musim ini.

Kesembilan pembalap berbeda itu, yakni Fabio Quartararo (Jerez 1, Jerez 2 dan Catalunya), Brad Binder (Brno), Dovizioso (Austria 1), Miguel Oliveira (Austria 2), Franco Morbidelli (Misano 1 dan Aragón 2), Vinales (Misano 2) dan Alex Rins (Aragon 1), Petrucci (Prancis) dan Mir (Eropa). Semua perbedaan itu terjadi dalam 12 seri yang telah berlangsung musim ini.

Kendati ada sembilan pemenang berbeda, namun hanya ada tiga kandidat yang berpeluang menjadi juara dunia MotoGP 2020. Mereka adalah Mir , Quartararo, dan Rins. (Baca juga: Suzuki Pastikan Tak Ada Team Order di Dua Balapan Tersisa )

Mir menduduki klasemen pembalap sementara dengan raihan 162 poin. Dia unggul 37 angka dari Fabio Quartararo dan Alex Rins, yang mengekor di posisi kedua dan ketiga.

Dengan dua balapan tersisa di Valencia dan Portimao, sirkus MotoGP berpeluang untuk melewati rekor pemenang musim 2016. Akankan itu terjadi di musim ini?

Pemba;ap yang belum pernah menang dan berpeluang menciptakan sejarah itu adalah Pol, Nakagami, dan Jack Miller. Ketiga pembalap ini dalam beberapa balapan terakhir cukup konsisten.

Hanya saja, takdir belum membawanya ke podium pertama. Pembalap lain yang bisa mendaftarkan namanya sebagai pemenang adalah Marc Marquez.

Pembalap berjuluk The Baby Alien itu absen lantaran mengalami cedera lengan kanan itu masih tanda tanya apakah tampil di dua seri terakhir atau tidak. Pasalnya, dari tim Repsol Honda belum memberikan konfirmasi resmi terkait kondisi Marquez.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)