Bisa Juara Akhir Pekan Ini, Joan Mir Fokus di GP Valencia

Kamis, 12 November 2020 - 09:05 WIB
loading...
Bisa Juara Akhir Pekan Ini, Joan Mir Fokus di GP Valencia
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir tinggal selangkah lagi menjuarai MotoGP 2020. Dia akan menjadi juara dunia yang baru asalkan bisa memenangkan balapan GP Valencia. Foto: reuters
A A A
VALENCIA - Pembalap Suzuki Ecstar , Joan Mir tinggal selangkah lagi menjuarai MotoGP 2020. Dia akan menjadi juara dunia yang baru asalkan bisa memenangkan balapan GP Valencia 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020).

(Baca Juga: Cuma Tiga Menit, Prancis Tersungkur Menjamu Finlandia )

Joan Mir memimpin klasemen sementara dengan koleksi 162 poin setelah memenangkan balapan sebelumnya, GP Eropa 2020. Pembalap asal Spanyol itu tampil luar biasa untuk menjadi yang tercepat di Sirkuit Ricardo Tormo.

Hasil positif di GP Eropa 2020 membuat Joan Mir unggul 37 poin dari dua rival terdekatnya, yaitu Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Meski bersaing dengan Rins, dia senang ada rekan setimnya dalam perebutan gelar juara MotoGP 2020.

Menurut Joan Mir, itu menunjukkan bahwa Suzuki berkerja sangat baik pada musim ini. Selain itu, keberadaan dua pembalap Suzuki di papan atas klasemen sementara juga memperbesar peluang Suzuki untuk meraih Triple Crown pada akhir musim ini.

“Sungguh perasaan yang luar biasa, bisa memimpin kejuaraan dan ada Alex (Rins) di posisi kedua. Tim ini melakukan pekerjaan yang luar biasa,” kata Mir, dari laman resmi Suzuki, Kamis (12/11/2020).

Joan Mir dinilai berada di atas angin ketimbang Rins dan Quartararo dalam perburuan gelar. Namun, dia tidak mau terlena dengan keunggulan itu. Rider berusia 23 tahun itu menyatakan akan tetap tampil maksimal, seperti balapan-balapan sebelumnya.

“Meskipun memiliki keunggulan di klasemen, saya tidak bisa menerima begitu saja. Penting untuk tetap fokus pada pekerjaan. Saya hanya ingin pergi ke sana dan melewati akhir pekan, seperti yang biasa saya lakukan, lalu mari lihat apa yang terjadi setelah bendera kotak-kotak berkibar.

Selain memenangkan GP Valencia, Joan Mir bisa menjuarai MotoGP 2020 dengan dua skenario lain. Pertama, jika Rins atau Quartararo menang pada akhir pekan ini, dia minimal harus finis ketiga untuk menyegel gelar juara.

Skenario kedua, seandainya Quartararo atau Rins finis kelima, Joan Mir akan tetap menjuarai MotoGP 2020 meski gagal finis. Intinya dia punya sejumlah cara untuk menjadi juara dunia sejak meramaikan MotoGP pada 2019.

(Baca Juga: Hasil Lengkap Pertandingan Uji Coba Internasional, Kamis (12/11/2020) )

Tapi, yang teraman baginya adalah dengan memenangkan balapan akhir pekan ini. Itu sebabnya, jawara dunia Moto3 pada 2017 itu memilih mempersiapkan diri sebaik mungkin agar meraih hasil terbaik di GP Valencia.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)