Tak Ada Jaminan Marc Marquez Kembali Balapan di MotoGP 2021

Kamis, 12 November 2020 - 22:31 WIB
loading...
Tak Ada Jaminan Marc Marquez Kembali Balapan di MotoGP 2021
Kapan pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez akan kembali ke lintasan masih tanda tanya/Foto/dailystars
A A A
CERVERA - Kapan pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez akan kembali ke lintasan masih tanda tanya. Meski berjanji akan mengaspal musim depan, namun kabar terbaru yang berembus menyebut pembalap asal Spanyol itu kemungkinan tak akan tampil penuh di MotoGP 2021.

Marquez telah memastikan bakal absen hingga akhir musim 2020 karena cedera. Namun, desas-desus soal kondisi cedera Marquez terus berkembang. Seperti diwartakan Corsedimoto, Kamis (12/11/2020), cedera juara dunia delapan kali itu dikabarkan cukup parah. ( ).

Marquez mengalami patah tulang humerus kanan atau patah tulang lengan atas akibat kecelakaan di MotoGP Spanyol, Minggu, 19 Juli lalu. Dia sempat melakukan operasi untuk memulihkan cedera tersebut di Barcelona pada Selasa, 21 Juli, di bawah pengawasan Dr Xavier Mir. Sebanyak 12 baut terpasang untuk menyatukan retakan di lengannya.

Namun, itu belum cukup memulihkan kondisi Marquez. Disebutkan Marquez harus menjalani operasi ketiga untuk menghindari risiko pseudarthrosis (sendi palsu) humerus. Kondisi yang tak baik ini pun semakin diperkuat dengan pernyataan beberapa ahli. ( ).

“Humerus secara biomekanik sangat tertekan dalam rotasi. Pembalap motor sangat rentan mengalaminya," ujar ahli medis Prof Giusepee Porcellini, sebagaimana dikutip dari Corsedimoto, Kamis (12/11/2020).

"Pembedahan ganda mungkin telah memperlambat pembentukan kalus (tulang baru di sekitar fraktur) untuk penyembuhan tulang humerus," lanjutnya. ( ).

Jika akhirnya harus naik meja operasi untuk ketiga kalinya demi menyembuhkan cedera tersebut, Marquez kabarnya sudah tak lagi memercayai Dr Xavier Mir yang menangani cederanya sejak awal. Alhasil, kakak dari Alex Marquez itu kabarnya sudah meminta konsultasi dengan banyak spesialis ortopedi di Austria.

Marquez pun memilih beralih ke US Mayo Clinic, pusat referensi dunia untuk ekstremitas. Pihak Honda lewat Alberto Puig tak menampik adanya kemungkinan Marquez menjalani operasi ketiga.

Kondisi ini akhirnya bisa memaksa Marquez harus menepi lebih lama lagi. Ia bahkan diragukan bisa mentas di balapan perdana MotoGP 2021. Karena itu, pihak Honda kini kabarnya tengah mencari opsi pembalap yang bisa menggantikan Marquez di beberapa balapan musim depan.

Sejumlah nama bermunculan. Salah satunya ialah Cal Cructhlow. Pembalap asal Inggris itu memang diketahui belum mendapat tim baru usai kontraknya tak diperpanjang oleh LCR Honda. Tetapi, penawaran Honda sangat mungkin ditolak karena Crutchlow kabarnya juga didekati Yamaha untuk menjadi pembalap tesnya musim depan.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)