Crutchlow Gantikan Lorenzo Sebagai Test Rider, Jarvis Optimis Yamaha Bakal Kompetitif

Jum'at, 13 November 2020 - 20:47 WIB
loading...
Crutchlow Gantikan Lorenzo Sebagai Test Rider, Jarvis Optimis Yamaha Bakal Kompetitif
Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis menyambut hangat bergabungnya lagi Cal Crutchlow bersama Yamaha pada musim depan. Foto: motogp.com
A A A
VALENCIA - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis menyambut hangat bergabungnya lagi Cal Crutchlow bersama Yamaha pada musim depan. Hadir sebagai pembalap penguji, Jarvis yakin rider asal Inggris itu bakal membuat Yamaha lebih kompetitif di MotoGP 2021.

(Baca Juga: MotoGP 2020 Salah Satu Musim Terliar Perebutan Gelar )

Yamaha baru saja secara resmi mengumumkan kehadiran Crutchlow pada Jumat (13/11/2020) sore WIB. Pembalap yang saat ini masih membela LCR Honda Castrol itu menggantikan Jorge Lorenzo yang sebelumnya menekuni profesi tersebut sepanjang MotoGP 2020.

Crutchlow akan memulai pekerjaannya bersama Yamaha dalam shakedown test yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 14-16 Februari 2021. Disana, dia akan menjajal YZR-M1.

Selanjutnya, pembalap yang akan meninggalkan Honda pada akhir musim ini akan mengambil bagian dalam tes resmi IRTA dan tes pribadi Yamaha. Crutchlow juga akan kemungkinan masih bisa mentas di MotoGP 2021 lewat wildcard.

Crutchlow juga telah mengonfirmasi ketersediaannya untuk dipilih sebagai pembalap pengganti di Yamaha jika ada rider yang sakit atau cedera. Jarvis pun yakin Crutchlow bisa memberi dampak besar kepada Yamaha karena punya pengalaman besar di MotoGP.

Dia sudah 10 tahun meramaikan MotoGP dengan membela tiga pabrikan berbeda. Salah satunya adalah Yamaha yang menjadi tim pertamanya. Sebelum mentas di MotoGP, Crutchlow terkenal memenangkan Kejuaraan Supersport Dunia 2009 bersama Yamaha.

Karena itu, Jarvis menyambutnya dengan antusias. “Baiklah, pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat datang kembali kepada Cal (Crutchlow). Saya masih ingat kunjungan pertama Cal beberapa tahun lalu sebagai juara baru Supersport dan ingat dia menyatakan keinginannya untuk maju ke MotoGP di masa depan,” ujar Jarvis, dikutip dari laman resmi MotoGP.

“Setelah pindah ke Superbikes, dia kemudian menghabiskan tiga musim bersama kami di tim Monster Energy Yamaha Tech3 sebelum melanjutkan untuk mendapat pengalaman tujuh tahun lebih lanjut dengan dua pesaing utama kami,” lanjutnya.

(Baca Juga: Hamilton Kenang Memori Melihat Schumacher Raih Gelar Ketujuh )

“Kekayaan pengalaman ini, ditambah dengan pendekatan jujur yang jujur dari Cal, pasti akan sangat bermanfaat bagi kami saat kami berusaha untuk meningkatkan YZR-M1 dengan program pengujian penuh tahun depan,” tukas Jarvis.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)