Enrique Tak Pusingkan Jadwal Padat

Sabtu, 14 November 2020 - 12:33 WIB
loading...
Enrique Tak Pusingkan Jadwal Padat
Pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique. Foto/Marca
A A A
BASEL - Target Spanyol kembali ke jalur kemenangan di Nations League A Grup 4 terbuka lebar saat bertandang ke St Jakob Park, markas Swiss, dini hari nanti. La Furia Roja diyakini semakin kompetitif karena memiliki kedalaman skuad yang baik.

Kepuasan itu dirasakan pelatih Luis Enrique seusai Spanyol ditahan 1-1 Belanda di pertandingan uji coba, Kamis (12/11). Pada pertandingan tersebut Enrique menurunkan pemain-pemain baru di starting line-up-nya seperti Unai Simon, Inigo Martinez, Hector Bellerin hingga Gerad Moreno dan Sergio Canales. (Baca: Hikmah Menatap Langit, Sunnah yang terlupakan)

Kendati gagal memetik kemenangan, Enrique menilai Spanyol menunjukkan performa yang bagus dan berani, terlebih lawannya adalah Belanda. "Kami memiliki fase yang sangat bagus dalam permainan. Di babak kedua kami menjadi sedikit lebih tidak teratur di bawah tekanan. Belanda adalah tim yang masuk ke area dengan baik, dengan banyak pemain dan kami sedikit menderita. Secara umum saya puas dengan tim,” Ungkap Enrique seperti dilansir marca.

Dampak positif kontra Belanda membuat Enrique mengindikasikan akan menyertakan pemain-pemain yang dinilainya layak tampil di dua pertandingan resmi Nations League saat Spanyol melawan Swiss dan Jerman, Rabu (18/11).

Mantan pelatih Barcelona tersebut akan menyiapkan tim terbaiknya guna meraih kemenangan atas Swiss. Pemain-pemain yang diistirahatkan seperti David de Gea, Sergio Ramos, dan Sergio Busquets akan menjadi starter bersama Alvaro Morata, Marco Asensio, dan Ferran Torres. (Baca juga: Ini Manfaat Mengonsumsi Dua Pisang Sehari)

Hasil bagus atas Swiss bakal mengukuhkan Spanyol yang saat ini memuncaki klasemen sementara Grup A4 dengan 7 poin, unggul 1 poin atas Jerman dan Ukraina. Dari 4 pertandingan, La Furia Roja meraih 2 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 1 kekalahan.

Enrique juga tidak terlalu memusingkan padatnya jadwal pertandingan internasional. Alih-alih melontarkan kritikan seperti pelatih-pelatih lain, mantan pemain Barca tersebut justru menerima dan fokus membawa Spanyol meraih hasil-hasil bagus.

"Saya pikir tidak terlalu banyak pertandingan karena kalendernya memang seperti itu. Ini membantu saya melihat bahwa mereka bermain di sebuah pertandingan, dapat bersaing, dan siap dimainkan kapan saja," terang Enrique.

Di sisi lain skuad Spanyol yang memiliki banyak kualitas di bawah Enrique jelas harus diwaspadai Swiss. Dari head to head, mereka hanya mampu mengemas 1 kemenangan dalam 7 pertemuan terakhir kontra Spanyol.

Granit Xhaka dkk belum mencicipi kemenangan di 6 pertandingan terakhir dengan 4 di antaranya merupkan pertandingan Grup A 4. Dengan 2 hasil imbang dan 2 kekalahan, Swiss menempati dasar klasemen sementara A4 dengan 2 poin. (Lihat videonya: Berkunjung ke Aceh Jangan Lupa Menikmati Kopi Gayo)

Pelatih Vladimir Petkovic menjadikan hasil-hasil buruk sebagai pelajaran berharga, terutama bagi beberapa pemain mudanya, sehingga bisa mendapatkan pengalaman atmosfer pertandingan berkualitas. “Kami tidak selalu memiliki waktu menguji para pemain. Ini adalah kesempatan. Ketika mereka berhadapan dengan pemain dan lawan yang berkualitas, itu akan membantu mereka berkembang,” sebut Petkovic. (Alimansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)