Rossi Heran Kok Bisa Franco Morbidelli Juara GP Valencia

Selasa, 17 November 2020 - 19:08 WIB
loading...
Rossi Heran Kok Bisa Franco Morbidelli Juara GP Valencia
Franco Morbidelli membuat kejutan di GP Valencia./foto/istimewa
A A A

VALENCIA - Kesuksesan Franco Morbidelli merebut kemenangan GP Valencia , membuat tiga pembalap Yamaha , Fabio Quartararo, Maverick Vinales dan Valentino Rossi merasa heran. Sebab, rider asal Italia itu menggunakan motor buatan 2019, dibandingkan dengan rekannya yang menggunakan motor 2020.

Kehebatan motor Morbidelli kembali diperlihatkan di Valencia. Dia menggunakan mesin Yamaha YZR-M1 yang sudah menempuh jarak sekitar 1.600 mil, hampir dua kali lipat dari batas jarak tempuh biasanya. Motor itu juga digunakan saat balapan di San Marino, Emilia Romagna, Catalunya, Aragon, Teruel dan GP Eropa.

Namun, semua orang tidak tahu sebenarnya motor yang digunakan Morbidelli merupakan mesin tertua yang bisa memenangi balapan di era MotoGP. Apalagi, kecepatannya juga sangat teruji ketika mampu mengalahkan motor cepat Ducati Desmosedici GP20 milik Jack Miller di balapan itu.

Tetapi kenapa Morbidelli begitu cepat, ketika rekan-rekannya sesama pembalap Yamaha relatif lambat? Apakah karena dia mengendarai M1 2019, sementara Vinales, Quartararo, dan Rossi mengendarai M1 2020? Itu adalah pandangan yang diterima secara umum. Tetapi, Rossi justru tidak setuju dengan hal itu.



Menurut dia yang membedakan adalah orangnya, bukan mesin. Sebab, Morbidelli memiliki mekanik paling berpengaruh di tim Yamaha, Ramon Forcada, yang berada sampingnya. "Saya membalap tahun lalu dengan motor 2019 dan tahun ini dengan motor 2020 dan bagi saya perbedaannya tidak terlalu besar," kata Rossi dilansir motorsportmagazine. “Saya pikir Franco sedang menjalani musim yang luar biasa dan saat ini dia adalah pembalap tercepat di MotoGP. Dia adalah pria dalam kondisi terbaik. Bagi saya ini membuat lebih banyak perbedaan," lanjutnya.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)