Timnas Jadi Klaster Baru Covid-19

Rabu, 18 November 2020 - 11:32 WIB
loading...
Timnas Jadi Klaster Baru Covid-19
Pekan ini, Luis Suarez dinyatakan positif covid-19 setelah menjalani tes. Foto/Reuters
A A A
MONTEVIDIO - Agenda sepak bola internasional sepertinya menjadi klaster baru untuk penyebaran Covid-19 . Meski pertandingan tidak tertunda, beberapa pemain dinyatakan positif terpapar Covid-19 saat memperkuat tim nasional (timnas).

Timnas Jadi Klaster Baru Covid-19


Pekan ini, ada penyerang Uruguay Luis Suarez, pemain Mesir Mohamed Elneny, dan dua pemain Republik Irlandia Matt Doherty serta James McClean dinyatakan positif setelah menjalani tes. Suarez dinyatakan positif menjelang pertandingan melawan Brasil, sedangkan Elneny saat mendarat di Togo menjelang pertandingan kualifikasi Piala Afrika. (Baca: Niatkan Aktivitas Sehari-hari Bernilai Pahala)

Doherty dan McClean dinyatakan positif setelah pertandingan melawan Belgia. Sementara pemain dan ofisial lainnya terbang kembali ke Dublin pada hari Senin untuk memulai persiapan pertandingan dini hari nanti melawan Bulgaria. “Pekan luar biasa untuk sepak bola. Pertandingan timnas yang penuh emosional, uji coba yang luar biasa, dan keamanan menyeluruh,” tulis Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho, di akun Instagram-nya, seperti menyindir.

Mourinho kesal karena Doherty adalah pemainnya. Dia dipersiapkan untuk pertandingan melawan Manchester City pada akhir pekan nanti. Sesuai peraturan, Doherty harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sebelum dilakukan tes ulang.

Jika hasilnya negatif, dia bisa bergabung dengan tim. Tapi, jika gagal, isolasi dilanjutkan sampai hasil tesnya negatif. “Hasil tes Covid-19 setelah pertandingan, tes yang dilakukan bahkan dilakukan saat sesi latihan, terus berulang seperti itu. Setelah sesi latihan hanya enam pemain, sekarang saatnya menjaga diri,” tandas Mou.

Khusus Wales, Asosiasi Sepak Bola Wales (FAW) mengonfirmasi persiapan pertandingan Rabu melawan Finlandia tetap tidak terpengaruh, meski mereka sudah mengetahui hasil tes Doherty dan gelandang Stoke City McClean. "FAW akan terus mematuhi pedoman Kesehatan Masyarakat Wales dan UEFA serta protokol internal yang telah diterapkan sejak dimulainya kembali sepak bola internasional tahun ini," kata juru bicara FAW, dikutip BBC. (Baca juga: Kemendikbud Pastikan Bantuan Subsidi Upah Guru dan Dosen Disalurkan Bulan Ini)

Selain Tottenham, Arsenal juga rugi terkait Elneny. Pemain berusia 28 tahun itu tidak menunjukkan gejala apa pun, tapi dinyatakan positif sepulang dari Togo. Hasil Elneny muncul setelah rekan setimnya di Mesir, yang juga penyerang Liverpool Mohamed Salah, dinyatakan positif terkena virus corona pada hari Jumat.

Sebelumnya, Liga Primer mengumumkan 16 hasil positif dari 1.207 pemain dan staf klub yang dites virus korona antara 9 dan 15 November. Para pemain dan staf yang dinyatakan positif akan mengisolasi diri selama 10 hari.

FA Mesir mengatakan Elneny sebelumnya mengembalikan tiga tes negatif sejak menjalani tugas internasional, termasuk satu tes setelah kemenangan kandang mereka 1-0 atas Togo pada Sabtu, ketika pemain berposisi gelandang itu bermain 90 menit penuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)