Timnas Jadi Klaster Baru Covid-19

Rabu, 18 November 2020 - 11:32 WIB
loading...
Timnas Jadi Klaster Baru Covid-19
Pekan ini, Luis Suarez dinyatakan positif covid-19 setelah menjalani tes. Foto/Reuters
A A A
MONTEVIDIO - Agenda sepak bola internasional sepertinya menjadi klaster baru untuk penyebaran Covid-19 . Meski pertandingan tidak tertunda, beberapa pemain dinyatakan positif terpapar Covid-19 saat memperkuat tim nasional (timnas).

Timnas Jadi Klaster Baru Covid-19


Pekan ini, ada penyerang Uruguay Luis Suarez, pemain Mesir Mohamed Elneny, dan dua pemain Republik Irlandia Matt Doherty serta James McClean dinyatakan positif setelah menjalani tes. Suarez dinyatakan positif menjelang pertandingan melawan Brasil, sedangkan Elneny saat mendarat di Togo menjelang pertandingan kualifikasi Piala Afrika. (Baca: Niatkan Aktivitas Sehari-hari Bernilai Pahala)

Doherty dan McClean dinyatakan positif setelah pertandingan melawan Belgia. Sementara pemain dan ofisial lainnya terbang kembali ke Dublin pada hari Senin untuk memulai persiapan pertandingan dini hari nanti melawan Bulgaria. “Pekan luar biasa untuk sepak bola. Pertandingan timnas yang penuh emosional, uji coba yang luar biasa, dan keamanan menyeluruh,” tulis Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho, di akun Instagram-nya, seperti menyindir.

Mourinho kesal karena Doherty adalah pemainnya. Dia dipersiapkan untuk pertandingan melawan Manchester City pada akhir pekan nanti. Sesuai peraturan, Doherty harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sebelum dilakukan tes ulang.

Jika hasilnya negatif, dia bisa bergabung dengan tim. Tapi, jika gagal, isolasi dilanjutkan sampai hasil tesnya negatif. “Hasil tes Covid-19 setelah pertandingan, tes yang dilakukan bahkan dilakukan saat sesi latihan, terus berulang seperti itu. Setelah sesi latihan hanya enam pemain, sekarang saatnya menjaga diri,” tandas Mou.

Khusus Wales, Asosiasi Sepak Bola Wales (FAW) mengonfirmasi persiapan pertandingan Rabu melawan Finlandia tetap tidak terpengaruh, meski mereka sudah mengetahui hasil tes Doherty dan gelandang Stoke City McClean. "FAW akan terus mematuhi pedoman Kesehatan Masyarakat Wales dan UEFA serta protokol internal yang telah diterapkan sejak dimulainya kembali sepak bola internasional tahun ini," kata juru bicara FAW, dikutip BBC. (Baca juga: Kemendikbud Pastikan Bantuan Subsidi Upah Guru dan Dosen Disalurkan Bulan Ini)

Selain Tottenham, Arsenal juga rugi terkait Elneny. Pemain berusia 28 tahun itu tidak menunjukkan gejala apa pun, tapi dinyatakan positif sepulang dari Togo. Hasil Elneny muncul setelah rekan setimnya di Mesir, yang juga penyerang Liverpool Mohamed Salah, dinyatakan positif terkena virus corona pada hari Jumat.

Sebelumnya, Liga Primer mengumumkan 16 hasil positif dari 1.207 pemain dan staf klub yang dites virus korona antara 9 dan 15 November. Para pemain dan staf yang dinyatakan positif akan mengisolasi diri selama 10 hari.

FA Mesir mengatakan Elneny sebelumnya mengembalikan tiga tes negatif sejak menjalani tugas internasional, termasuk satu tes setelah kemenangan kandang mereka 1-0 atas Togo pada Sabtu, ketika pemain berposisi gelandang itu bermain 90 menit penuh.

Setelah tiba di Kairo, dia akan diuji lagi, tapi dipastikan melewatkan pertandingan Arsenal melawan Leeds United dan ajang Liga Europa melawan Molde pada 26 November mendatang. Elneny menjadi tulang punggung Pelatih Mikel Arteta karena telah tampil 11 kali untuk The Gunners di semua kompetisi musim ini, dengan The Gunners ke-11 di Liga Primer dan di puncak grup Liga Europa. (Baca juga: Tetap Jaga Berat Badan Selama Pandemi)

Kasus hampir sama terjadi kepada Suarez. Pemain Atletico Madrid itu tidak saja harus absen melawan Brasil, pagi ini, tapi juga dipastikan melewatkan laga menghadapi Barcelona, pekan depan. Suarez dinyatakan positif mengidap virus korona saat mengembalikan hasil pada hari Senin.

Federasi Sepak Bola Uruguay awalnya sudah melaporkan kepada Atletico jika pemain mereka bebas Covid-19 setelah salah satu pemainnya, Matias Vina, dinyatakan positif. Tapi, Senin sore waktu setempat, ada laporan susulan yang mengonfirmasi pemain nomor 9 itu juga dinyatakan positif.

Suarez sekarang harus karantina dan akan absen melawan Barcelona pada hari Sabtu serta di Liga Champions melawan Lokomotiv Moscow, pekan depan. Laga berikutnya melawan Valencia juga diragukan.

Kabar ini jelas menjadi pukulan telak untuk kubu Los Rojiblancos. Suarez adalah pemain yang sedang bersinar bersama Atletico. Mantan pemain Barcelona tersebut berhasil mencetak lima gol di Primera Liga dan selalu menjadi pilihan utama Pelatih Diego Simeone.

Dari Manchester, tim Manchester United (MU) tetap berharap Alex Telles bisa dimainkan saat pertandingan melawan West Brom, Sabtu mendatang, setelah dinyatakan negatif Covid-19. Laporan sebelumnya menunjukkan pemain Brasil itu dinyatakan positif selama akhir pekan saat menjalani tugas internasional. (Baca juga: Minyak Sawit Topang Ekspor Indonesia Sebesar 15 Persen)

Namun, Konfederasi Sepak Bola Brasil mengatakan pemain berusia 27 tahun itu akan melakukan perjalanan dengan tim pada Selasa setelah mengembalikan tes negatif kedua. "Dia masih berharap bisa bermain dalam pertandingan Liga Primer hari Sabtu melawan West Bromwich Albion di Old Trafford," tulis pernyataan MU.

Sebelumnya otoritas sepak bola tertinggi Eropa UEFA mengklaim berhasil mengendalikan dan meredam penyebaran Covid-19 sepanjang event sepak bola yang mereka lakukan. Data yang dirilis menyebutkan jika mulai 5 Agustus sampai 15 Oktober hanya ada 0,55% positif dari kasus yang diuji.

Dalam periode awal Agustus sampai pertengahan Oktober, ada 526 pertandingan digelar dari 10 kompetisi UEFA: Liga Champions, Liga Europa, Liga Champions Wanita, UEFA Youth Lague, Piala Super Eropa, Liga Champions Futsal, Nations League, playoff Euro 2020 dan Under -21, serta kualifikasi Euro Wanita.

Dari seluruh pertandingan tersebut dilakukan 61.851 tes Covid-19 hanya ditemukan 341 kasus positif (0,55% dari yang diuji). UEFA mengatakan, mereka memang memiliki beberapa skenario jika ada kasus positif. Sebagai contoh, selama kualifikasi untuk kompetisi klub pria musim ini, dari 213 pertandingan digelar hanya tiga dijadwal ulang, tiga dimainkan di tempat netral karena virus dan tiga pertandingan dibatalkan. (Lihat videonya: Bosai Kelapa, Varian Bonsai yang Bernilai Tinggi)

Dari 81 playoff Euro 2020, UEFA Nations League dan pertandingan persahabatan sepanjang Oktober digelar sesuai jadwal. Sementara pada jendela internasional yang sama, 47 dari 49 kualifikasi Under-21 dimainkan dan hanya dua yang ditunda. Dari tes yang dilakukan di semua kompetisi, rata-rata ada 53,9 tes per tim dan 11,8 tes per tim penyelenggara. (Maruf)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)