Joan Mir Lebih Cerdas ketimbang Pembalap Lain di MotoGP 2020

Kamis, 19 November 2020 - 09:27 WIB
loading...
Joan Mir Lebih Cerdas ketimbang Pembalap Lain di MotoGP 2020
Alex Marquez memuji juara baru MotoGP, Joan Mir. Dikatakannya, pembalap Suzuki itu lebih pintar dan cerdas daripada pembalap lain di tahun ini / Foto: Autosport
A A A
PORTIMAO - Alex Marquez memuji juara baru MotoGP, Joan Mir . Dikatakannya, pembalap Suzuki itu lebih pintar dan cerdas daripada pembalap lain di tahun ini.

Mir dinobatkan sebagai juara dunia 2020 usai menyelesaikan balapan dari posisi ketujuh di Grand Prix Valencia. Tambahan sembilan poin sudah cukup untuk pembalap asal Spanyol itu menyegel gelar juara dunia musim ini.

Jumlah kemenangan Mir mungkin tidak sebanyak pembalap lain, tetapi dia cukup konsisten. Tujuh podium berhasil didapat dari 13 seri MotoGP yang telah dijalaninya, satu di antaranya berhasil dimenangkan Mir saat tampil di Grand Prix Eropa. (Baca juga: Tanda Generasi Baru MotoGP )

Ini sangat kontras dengan pemimpin sebelumnya, Fabio Quartararo. Pembalap Petronas Yamaha SRT itu hanya mampu tampil konsisten di paruh pertama, namun di paruh kedua dia kehilangan gairahnya. (Baca juga: Quartararo Punya Hasrat Terpendam Jelang Seri Penutup MotoGP 2020 )

"Yah, dia konsisten. Jika orang lain memiliki konsistensi yang dia miliki, mungkin ini seperti kejuaraan yang berbeda. Kami memiliki kejuaraan yang biasanya dari awal musim Anda melihat dengan jelas siapa yang akan menjadi juara tetapi tahun ini benar-benar aneh," ungkap Marquez dikutip dari Autosport, Kamis (19/11/2020).

Ada banyak pasang surut, terutama dari pembalap Yamaha. Kemudian juga Andrea Dovizioso tidak terlalu konsisten. "Tapi dia (Mir) ada di sana, dia pintar, dia sangat cerdas, dan dia melakukan pekerjaan yang baik untuk mendapatkan gelar itu untuk Suzuki. Dia lebih cerdas dan lebih teratur dari semua orang."

Keberhasilan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP di tahun keduanya seolah memberikan suntikan motivasi buat Marquez. Tetapi ia menyadari bahwa kehadiran kakak kandungnya, Marc Marquez tahun depan, akan membuat kejuaraan dunia semakin sulit.

"Memang benar ini memberi saya motivasi karena kami melihat di MotoGP segalanya mungkin, di MotoGP semuanya terbuka dan Anda hanya perlu percaya. Ini adalah contoh yang baik untuk pembalap lain yang membidik Moto2, bahwa di MotoGP jika Anda bekerja keras, jika Anda memiliki motor yang tepat, Anda juga bisa menjadi juara dunia."

"Saya pikir situasinya, atau saya berharap itu akan berubah dengan COVID dan kami akan memiliki tahun yang normal. Jadi, semuanya berubah. Marc akan kembali, jadi semuanya akan menjadi sulit lagi dan akan lebih sulit," pungkas Marquez.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)