Unai Emery Telah Hancurkan Hubungan Arsenal dengan Fans

Jum'at, 20 November 2020 - 06:05 WIB
loading...
Unai Emery Telah Hancurkan Hubungan Arsenal dengan Fans
Unai Emery diaggap menjadi penghancur hubungan Arsenal dan Fans./foto/uefa.
A A A

LONDON - Pelatih Mikel Arteta mengaku sangat terkejut rusaknya keharmonisan di Arsenal antara tim utama dan fans di masa kepemimpinan Unai Emery . Pelatih asal Spanyol tersebut berusaha keras untuk memperbaiki perselisihan itu. Emery telah dipecat pada 29 November 2019.

Seperti diketahui, Emery yang sekarang menangani Villareal dipecat lantaran gagal mempersembahkan kemenangan di tujuh pertandingan beruntun. Kinerjanya membuat kecewa fans The Gunners karena taktik yang diterapkannya tidak berjalan baik. Belum cukup sampai di situ, menjelang akhir masa jabatannya, Emery memberikan ban kapten kepada Granit Xhaka. Sayangnya, kepemimpinan Xhaka juga tidak seperti yang diharapkan.

Puncaknya, gelandang Swiss itu memberi isyarat dan mengumpat fans di Emirates Stadium ketika dia diejek saat pergantian pemain dalam hasil imbang 2-2 melawan Crystal Palace. Insiden itu adalah mikrokosmos dari dinamika antara pemain dan fans pada saat itu, sesuatu yang coba perbaiki oleh Arteta saat kedatangannya di klub, Desember 2019.

"Anda tidak dapat membangun sesuatu yang baru (dengan cepat), ketika sesuatu telah rusak dan terluka parah, Anda dapat melihat perpecahan besar bahkan antara fans kami sendiri dan tim. Ketika Anda berada di stadion itu 10 bulan yang lalu, saya terkejut. Anda harus membangun kembali (ikatan) itu," kata Arteta dikutip arsenal.com.

Langkah yang dilakukan adalah membangun beberapa fondasi, dan setelah itu memulai proses. "Anda harus memprioritaskan proses itu di awal, dan ke mana Anda akan pergi. Anda harus selalu waspada sepanjang waktu karena hanya perlu sedikit untuk merusak apa yang sedang Anda bangun," tambah Arteta.



Perlahan namun pasti usaha Arteta menyatukan dan memperbaiki hubungan tim dengan fans membuahkan hasil. Di bawah komandonya, pasukan muda Arsenal bukan hanya menghibur dari sisi permainan, reputasi The Gunners sebagai salah satu klub papan atas Liga Primer mulia terlihat. Pelatih asal Spanyol itu sukses mempersembahkan gelar Piala FA 2019-20 dan Community Shield 2020.

Tantangan musim ini semakin besar. Tugas berat menanti Arteta dan Arsenal terutama di Liga Primer dimana mereka masih berkutat di posisi ke-11 klasemen sementara (12 poin). Pierre-Emerick Aubameyang dkk akan bertandang ke Elland Road, markas Leeds United, Minggu (22/11).
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)