Rivalitas Michel Platini dan Diego Maradona

loading...
Rivalitas Michel Platini dan Diego Maradona
Rivalitas Michel Platini dan Diego Maradona. Foto: IST
PARIS - Michel Platini punya pengalaman tersendiri dengan Diego Maradona . Ketika itu rivalitas kedua pemain begitu terasa di Serie A.

Platini berusia lima tahun lebih tua dari Maradona ketika keduanya masih sama-sama aktif sebagai pemain. Pria asal Prancis itu membela Juventus , klub rival Napoli yang diperkuat Maradona.

(Ikuti Survei SINDOnews: Mencari Calon Presiden 2024 )

Namun pertemuan pertama Platini dengan Maradona tidak terjadi di level klub, melainkan ketika Prancis bentrok Argentina di tahun 1979. Sebagai sesama gelandang, Platini memahami bakat pemuda yang dihadapinya tersebut.



“Diego masih sangat muda. Kami bertemu di Buenos Aires untuk pertama kalinya, saat itu Juni 1979,” kata Platini dikutip Football Italia.

Di level klub, Maradona adalah pemain yang sering merepotkan bagi Juventus. Terbukti dengan keberhasilan Napoli memenangkan dua gelar Serie A bersama pemain kidal asal Argentina itu.

Ada upaya Juventus untuk mendatangkan Maradona di tahun 80-an. Sesuatu yang dianggap sebagai bencana bagi karier Platini bersama Si Nyonya Tua. (Lihat Grafis: Selamat Jalan Diego Maradona )

“(Jika Maradona gabung Juventus) Saya akan meninggalkan nomor 10 saya, dan mungkin akan mengenakan nomor punggung 20 karenanya,” kata Platini.



Di luar rivalitasnya sebagai sesama pesepak bola, Platini yang menjabat Presiden UEFA pada 2015 adalah pengagum sosok Maradona. Menurut dia, salah satu pemain yang lebih baik dari dirinya adalah Maradona itu sendiri.

“Bedanya, Maradona lebih pada gelandang serang, dia penyerang pendukung yang luar biasa. Saya sendiri lebih pada seorang gelandang.” kata Platini. (Baca Juga: Platini Sebut Dybala Mirip Maradona )

Maradona meninggal akibat masalah jantung pada usia 60 tahun di rumahnya di Tigre, Buenos Aires, Rabu (25/11/2020). Sebagai penghormatan, pemerintah Argentina mengumumkan libur nasional selama tiga hari untuk berkabung.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top