Manchester City Gagal Menang, Guardiola Malah Puji Foden

Rabu, 02 Desember 2020 - 14:05 WIB
loading...
Manchester City Gagal Menang, Guardiola Malah Puji Foden
Pep Guardiola memuji performa Phil Foden (kiri) meski Manchester City (Man City) ditahan imbang Porto di Liga Champions. Foto: livescore
A A A
MANCHESTER - Pep Guardiola memuji performa Phil Foden meski Manchester City (Man City) ditahan imbang Porto di Liga Champions . Menurutnya, gelandang berusia 20 tahun itu telah berkembang sangat pesat.

(Preview Manchester United vs Paris Saint-Germain: Sarat Emosi)

Man City harus rela bermain tanpa gol saat menyambangi Estadio do Dragao. Padahal utusan Liga Primer itu sempat mencetak gol sekitar 10 menit sebelum bubaran lewat Gabriel Jesus. Tapi, dianulir wasit karena menurut VAR, Joao Cancelo dalam posisi offside.

Hasil imbang itu sejatinya merusak rekor sempurna Man City yang sebelumnya terus memenangi laga penyisihan Grup A. Namun, itu sudah cukup memastikan mereka lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup .

The Citizens kini mengoleksi 13 poin atau memimpin tiga poin dengan Porto. Dengan tersisa satu laga, mereka tidak mungkin tergeser lagi karena unggul head-to-head atas wakil Portugal itu. Ini sebabnya Guardiola tidak terlalu mempersoalkan hasil imbang tersebut.

Guardiola memilih membahas perkembangan para pemain mudanya, terutama Foden. Walau selalu jadi cadangan di lima laga terbaru Liga Primer, gelandang asal Inggris itu terus jadi starter selama empat partai beruntun di Liga Champions.

Mantan juru taktik Barcelona itu mengaku merasa kagum dengan peningkatan perfroma Foden. "Pemain yang luar biasa, pemain yang luar biasa," kata Guardiola ketika ditanya tentang penampilan alumunus akademi Man City itu, dilansir skysport.

Foden memberi cukup kontribusi kepada Man City di Liga Champions musim ini. Dari lima laga yang dijalani, dia mencatat satu gol dan satu assist. Ya, dia menjadi pahlawan kemenangan 0-1 saat menyambangi Olympiacos Piraeus.

Saat bentrok Porto, Foden juga mencatat dua pasing kunci dan menyelesaikan empat umpan silang. Itu setengah dari upaya Man City yang sayangnya gagal berbuah gol. "Intensitasnya dan dia selalu menciptakan sesuatu. Dia sangat bagus, saya senang dengan penampilannya," lanjut Guardiola.

(Real Madrid Kalah Lagi, Zidane Akui Timnya Alami Momen Sulit)

Foden juga memenangi enam dari delapan duel dan memaksa lawan melakukan tiga pelanggaran. Itu lebih banyak dari pemain Man City lainnya. Hanya saja, dia juga kehilangan bola sampai 23 kali, lebih tinggi dari rekan setimnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)