Pesan Jitu Solskjaer di Ruang Ganti, Kunci Sukses Comeback Man United Kontra West Ham

Minggu, 06 Desember 2020 - 10:02 WIB
loading...
Pesan Jitu Solskjaer di Ruang Ganti, Kunci Sukses Comeback Man United Kontra West Ham
Manchester United menang melawan West Ham United/Foto/Reuters
A A A
LONDON - Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengungkap kunci sukses timnya membalikkan keadaan untuk menang melawan West Ham United . The Red Devils tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya unggul 3-1 di di Stadion London, Sabtu (5/12/2020) waktu lokal atau Minggu (6/12/2020) dini hari WIB.

Karakter Manchester United kembali terlihat pada pekan 11 Liga Primer Inggris 2020/2021 saat dijamu West Ham. Solskjaer pun mengungkapkan apa yang diutarakan kepada anak asuhnya di ruang ganti saat jeda sehingga mereka keluar dari tekanan dalam laga yang menegangkan. (Baca juga: 13 Menit yang Ajaib, Manchester United Sukses Hajar West Ham ).

West Ham United yang baru saja meraih tiga kemenangan beruntun tampil percaya diri. Barisan depan The Hammers mampu membuat lini belakang tim tamu kerepotan di awal-awal babak pertama.

Pasukan David Moyes unggul lebih dulu pada menit 38 lewat sontekan Tomas Soucek. Perubahan besar lantas dilakukan Man United memasuki babak kedua. Edinson Cavani dan Donny van de Beek keluar, digantikan Bruno Fernandes serta Marcus Rashford. ( ).

Pergantian itu terbukti jitu. Man United mampu menyarangkan tiga gol pada babak kedua lewat Paul Pogba (65), Mason Greenwood (68), dan Marcus Rashford (78). Mereka kembali menang tandang dan untuk kelima kalinya, meraih poin penuh setelah tertinggal.

Memasuki ruang ganti dalam keadaan tertinggal, apalagi berlaga di kandang lawan, jelas berat. Sebagai manajer, Ole Gunnar Solskjaer wajib memberikan suntikan motivasi guna membakar semangat anak asuhnya di paruh kedua. Namun, ia mengaku hanya perlu menenangkan semua orang di ruang ganti. (Baca juga: Klasemen dan Hasil Pertandingan Sepak Bola, Sabtu-Minggu (6/12/2020) ).

“Hal terpenting adalah menjernihkan pikiran anak-anak karena kami terlihat tidak bisa mendapat ritme setelah mereka mencetak gol dan sedikit stres. Jadi, saya hanya menenangkan mereka,” papar Ole Gunnar Solskjaer, mengutip dari laman resmi Man United, Minggu (6/12/2020).

Pria berkebangsaan Norwegia itu meyakini anak asuhnya kini mulai punya keyakinan serta kepercayaan diri untuk membalikkan keadaan. Menurutnya, comeback yang sudah dilakukan berkali-kali musim ini bukanlah sebuah kebetulan.

“Anak-anak sekarang memiliki keyakinan dan kepercayaan diri bahwa kami selalu bisa membalikkan keadaan. Anda tidak perlu panik. Kami sudah melakukannya beberapa kali jadi ini bukan lagi kebetulan,” tegas Ole Gunnar Solskjaer.

Tambahan tiga angka itu membuat Man United mampu meraih lima kemenangan tandang beruntun di Liga Inggris untuk pertama kalinya sejak 1985-1986. Uniknya, semua kemenangan itu mampu diraih setelah tertinggal lebih dulu dari tuan rumah.

Kini, Man United mulai masuk dalam jalur juara. Kemenangan atas West Ham mengerek posisi mereka ke peringkat empat dengan nilai 19 dari 10 pertandingan. Man United masih memiliki satu laga simpanan, tetapi hanya berjarak empat angka dari Chelsea di puncak klasemen yang sudah bermain 11 kali.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)