Mobil Terbelah dan Meledak, Jadi Balapan Terakhir Grosjean

Senin, 07 Desember 2020 - 23:30 WIB
loading...
Mobil Terbelah dan Meledak, Jadi Balapan Terakhir Grosjean
Romain Grosjean./foto/reuters
A A A

SAKHIR – Pembalap Romain Grosjean tak membayangkan saat mobilnya terbakar pada GP Bahrain , dua pekan lalu, ternyata menjadi balapan terakhirnya di Formula One (F1). Pembalap Haas itu dipastikan tidak bisa ambil bagian pada seri pamungkas di GP Abu Dhabi, Minggu (13/12) nanti.

Grosjean lolos dari kecelakaan maut ketika mobilnya terbelah dua hingga terbakar. Pembalap berusia 34 tahun itu mengalami luka bakar tingkat dua di punggung, dan tangannya. Kondisi itu membuatnya absen saat balapan di GP Sakhir, dini hari tadi. Bahkan, dia harus melanjutkan perawatan di Swiss, yang bisa membuatnya kembali absen di balapan terakhir.

“Ini menyedihkan saya tidak bisa menjalani balapan terakhir saya di Abu Dhabi bersama tim di sana," kata Grosjean dilansir crash. "Kami dengan dokter mencoba sebisa mungkin agar sembuh dan memperbaiki tangan saya, tapi resiko membalap terlalu besar untuk pemulihan dan kesehatan saya. Ini adalah salah satu keputusan terberat di hidup saya tapi tentunya salah satu yang paling bijak,” ucapnya.

Haas telah menugasi pembalap cadangan Pietro Fittipaldi menggantikan Grosjean di GP Sakhir dan di balapan selanjutnya. “Romain telah menunjukkan keberanian dan semangat yang luar biasa selama beberapa hari ini. Kami tahu seberapa inginnya dia tampil kembali di Abu Dhabi,” kata kepala tim Haas Guenther Steiner. ( )

Dengan begitu, Grosejan harus menutup F1 2020 lebih cepat. Bahkan saat dirinya mengalami luka bakar akibat kecelakan fatal di Bahrain, bisa menjadi balapan terakhirnya di ajang mobil balap bergengsi di dunia tersebut. Pembalap asal Prancis itu belum memiliki kursi untuk balapan F1 2021 setelah kontraknya tak diperpanjang oleh Haas di akhir musim ini.

Grosjean telah membela tim Haas sejak tim asal Amerika Serikat itu debut di F1 pada 2016. Dia dan rekannya, Kevin Magnussen akan meninggalkan tim itu di akhir musim ini. Tim bermarkas di Amerika Serikat itu telah memiliki pengganti keduanya dengan merekrut Mick Schumacher, putra dari Michael Schumacher, dan Nikita Mazepin, putra dari seorang bilyuner Rusia.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)