Tim V League Doyan Impor Pemain, Timnas Vietnam Kekurangan Striker

Kamis, 10 Desember 2020 - 17:07 WIB
loading...
Tim V League Doyan Impor Pemain, Timnas Vietnam Kekurangan Striker
Penyerang timnas Vietnam Nguyen Tien Linh merayakan golnya ke gawang UAE pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di Hanoi, 14 November 2019 lalu. Photo : VnExpress
A A A
HANOI - Menjamurnya pemain asing pada kompetisi sepak bola V League 1 mulai berdampak pada tim nasional Vietnam . Tim berjuluk The Golden Stars tersebut mulai kekurangan stok penyerang mumpuni untuk menghadapi kompetisi internasional.

Saat ini, timnas Vietnam tengah bersiap menghadapi lanjutan kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022 kontra Malaysia, Maret mendatang. Vietnam yang menjadi pemuncak klasemen juga akan menghadapi Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Baca juga : Lebih Dekat dengan Paolo Rossi, Pahlawan Timnas Italia di Piala Dunia 1982

Saat ini, Vietnam kokoh di puncak klasemen sementara dengan 11 poin hasil dari tiga kemenangan dan dua kali imbang. Untuk mempersiapkan diri menghadapi kualifikasi Piala Dunia, pelatih kepala Vietnam Park Hang-seo kembali memanggil 36 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan.

Namun, stok pemain yang ada ternyata tidak membuat pelatih asal Korea Selatan itu puas. Sebaliknya, dia mengeluh minimnya stok striker berkualitas yang tersedia untuk menjadi tumpuan lini depan Vietnam.

Baca juga : Nasib Napoli di Liga Europa Ditentukan hingga Pertandingan Terakhir

“Kami kekurangan striker. Kami telah mencoba menemukan beberapa wajah baru tetapi tidak ada yang setara dengan Nguyen Tien Linh, Nguyen Cong Phuong, dan Ha Duc Chinh, tiga striker kami saat ini,” kata Hang-seo dilansir laman AFF.

Ketiga penyerang tersebut memang menjadi andalan Hang-seo diberbagai kompetisi. Nguyen Tien sejauh ini sudah menuyumbang empat gol dari 12 penampilannya bersama timnas senior Vietnam. Nguyen Cong sudah mengemas delapan gol. Sementara Ha Duc Chinh sejauh ini belum mengemas gol untuk timnas senior kecual 26 golnya untuk timnas kelompok umur U-20 dan U-23.

Baca juga : Ogah Jadi Rider Cadangan, Crutchlow Tolak Tawaran Honda di MotoGP

Hang-seo menyebut, klub V League 1 turut berkontribusi atas minimnya pasokan penyerang untuk timnas Vietnam. Dia menyebut, langkah tim-tim lokal yang memilih menggunakan jasa striker asing di kompetisi domestik menjadi pemicunya.

“Alasan utamanya adalah sebagian besar klub di V League lebih suka menggunakan striker asing, sekitar 70-80% di antaranya. Saya memanggil Nguyen Van Quyet untuk formasi baru saya. Tapi begitu mereka melakukannya, mereka harus membuktikan kemampuan mereka,” pungkasnya.

Baca juga : Mike Tyson Ungkap Mengapa Anthony Joshua Bukan Petinju Favoritnya

Selain menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar, Hang-seo juga harus mempersiapkan timnya untuk mempertahkan gelar juala Piala AFF 2020 yang penyelenggaraannya kembali ditunda hingga tahun depan.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)