Pengalaman Mati Suri Mantan Gelandang Bolton Wanderers

Rabu, 13 Mei 2020 - 20:01 WIB
loading...
Pengalaman Mati Suri Mantan Gelandang Bolton Wanderers
Mantan gelandang Bolton, Muamba, yang punya pengalaman mati suri di lapangan. Foto: Daily Mail
A A A
LONDON - Lama tak terdengar, mantan gelandang Bolton Wanderers, Fabrice Muamba, kembali muncul ke hadapan publik. Pria 32 tahun itu berkisah tentang pengalamannya mati suri selama 78 menit di markas Tottenham Hotspur.

Kejadian itu berlangsung pada 17 Maret 2012, tepatnya ketika Bolton melawat ke markas Tottenham Hotspur di White Hart Lane, London. Hari itu merupakan hari yang bersejarah bagi Muamba, sekaligus hari yang tidak akan pernah ia lupakan.

Saat sedang bertanding, Muamba mendadak merasa pandangannya kabur. Tanpa pemicu apa pun, Muamba merasa semuanya gelap kemudian ia tersungkur di rumput di hadapan 35 ribu penonton.

"Saya tidak pernah punya masalah dengan jantung. Tidak ada masalah dengan kesehatan saya," tutur Fabrice Muamba dikutip Daily Mail, Rabu (13/5/2020).

Saat itu dokter tim Bolton, Jonathan Tobin langsung bergegas memberikan pertolongan. Setelah itu tim medis klub mendapat pertolongan dari National Health Service (NHS).

Secara teknis, Muamba sudah mati. Jantungnya tak berdetak selama sekitar 78 menit. Tapi NHS tidak menyerah. Alat pacu jantung dikerahkan, Muamba pun kembali bisa memompa darahnya.

"Saya tidak tahu berapa banyak saya utang terima kasih pada NHS," kata Muamba. (Baca juga: Vettel Cabut, Saatnya Lewis Hamilton Membelot ke Ferrari )

Delapan tahun setelah kejadian itu, Muamba sudah tidak pernah lagi melakoni pertandingan profesional. Kini Muamba merupakan ayah dari tiga anak laki-lakinya, yakni Yosua (11), Matius (6), dan Gabriel (3).
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)