Pesan Pedih Kloop di Peringatan 31 Tahun Tragedi Hillsborough

Kamis, 16 April 2020 - 21:02 WIB
loading...
Pesan Pedih Kloop di Peringatan 31 Tahun Tragedi Hillsborough
Juergen Klopp menyampaikan pesan pedih atas Tragedi Hillsborough. Foto : Livescore
A A A
LIVERPOOL - Tepat 31 tahun yang lalu tragedi mengerikan Hillsborough terjadi. Hanya pesan pedih yang dapat disampaikan Juergen Klopp mengenang peristiwa tragis di sepak bola Inggris tersebut.

Sebanyak 96 pendukung Liverpool tewas ketika terjadi kerusuhan antar-pendukung manakala The Reds bertarung di semifinal Piala FA 1989 menghadapi tuan rumah Sheffield Wednesday. Jumlah korban meninggal tersebut tercatat sebagai jumlah tertinggi dalam kecelakaan di stadion dalam sejarah Britania Raya.

Belakangan berdasarkan hasil penyelidikan dinyatakan bahwa peristiwa tersebut dikarenakan kelalaian pihak kepolisian dan kesalahan pemberitaan oleh The Sun hingga terjadi boikot terhadap The Sun dengan slogannya Don't Buy The Sun. Hal ini membuat PM Inggris David Cameron pun menyatakan permintaan maafnya kepada para keluarga korban. (BACA JUGA: Tok! PON XX di Papua 2020 Resmi Ditunda)

Untuk mengenang peristiwa tersebut, keluarga pada korban berencana menggelar peringatan di Anfield. Sayangnya, karena pendemi virus corona, event tersebut ditunda.

"Hari ini adalah tanggal paling signifikan bagi klub sepak bola kami setiap tahun," kata Klopp dalam sebuah video yang dibagikan oleh Liverpool di Twitter, Kamis (16/4).

"Rencananya adalah kita bersama di Anfield hari ini, tetapi ini tidak mungkin. Satu-satunya hal yang dapat kita pastikan adalah bahwa kita berada dalam pikiran satu sama lain. Dan, percayalah, Anda semua ada dalam pikiran kita. Anda memiliki pikiran kami, Anda memiliki doa kami dan yang paling penting, Anda memiliki cinta kami. Anda tidak akan pernah berjalan sendirian."

Pesan juga disampaikan kapten Liverpool Jordan Henderson melalui Twitter. "Hari ini adalah hari ketika sebagai klub kita semua seharusnya bersama di Anfield untuk menghormati kehidupan 96 orang yang pergi ke pertandingan sepak bola dan tidak pernah pulang," kata gelandang Inggris itu.

"Fakta bahwa kami tidak dapat melakukannya akan membuat peringatan ini sangat sulit bagi keluarga dan orang yang selamat dari Hillsborough. Saya bukan orang yang pandai berpidato, tetapi atas nama semua pemain di Liverpool, saya hanya ingin memberi tahu semua orang yang terpengaruh bahwa Anda ada dalam pikiran kami hari ini."

"Seperti biasa, kita bersama dalam semangat bahkan jika kita tidak bisa bersama secara pribadi. Anda tidak akan pernah berjalan sendirian."

Para pemain, staf, dan pendukung Liverpool akan melakukan hening cipta satu menit pada pukul 15:06 waktu setempat atau sama wakktunya ketika pertandingan melawan Forest dihentikan.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)