Kaleidoskop Olahraga 2020: Tahun Penuh Nestapa

Kamis, 24 Desember 2020 - 07:05 WIB
loading...
Kaleidoskop Olahraga 2020: Tahun Penuh Nestapa
Tahun 2021 sudah ada di depan mata dan diharapkan bisa memberi harapan baru. Pasalnya, banyak kompetisi yang terganggu sepanjang 2020 karena pandemi virus Corona. Foto: guardian
A A A
JAKARTA - Tahun 2021 sudah ada di depan mata dan diharapkan bisa memberi harapan baru. Pasalnya, banyak kompetisi yang terganggu sepanjang 2020 karena pandemi virus Corona. Bukan itu saja, selama 12 bulan terakhir juga banyak bertebaran kabar duka.

Tahun 2020 diwarnai meninggalnya salah satu legenda sepak bola asal Argentina, Diego Armando Maradona . Lalu, pensiunnya Khabib Nurmagomedov dari ajang UFC. Meski demikian, banyak rekor yang disamai atau bahkan dipecahkan, serta berakhirnya penantian Liverpool .

Tidak hanya itu, nama yang pernah menghilang, akhirnya kembali tampil sebagai juara. Berikut rangkumannya:

Januari
19 Januari - Indonesia menjadi juara umum turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2020. Dari lima titel yang diperebutkan, tiga gelar diraih tuan rumah. Gelar pertama digapai ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Mereka memenangkan all-Indonesian final dengan skor 21-15, 21-16 atas Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Sementara dua titel lain didapatkan oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Anthony Sinisuka Ginting.

26 Januari - Pebasket legendaris LA Lakers Kobe Bryant meninggal dunia. Dia menjadi korban kecelakaan helikopter bersama putrinya Gianna beserta tujuh orang lainnya. Kejadian itu memberikan duka mendalam, terutama di dunia basket. Lakers yang kemudian menjadi juara NBA pun mendedikasikan titelnya kepada mendiang Bryant.

Februari
2 Februari - Novak Djokovic menjadi juara Australia Terbuka 2020 usai mengalahkan Dominic Thiem. Itu menjadi titel Australia Terbuka kedelapan yang diraihnya setelah sebelumnya juga juara pada 2008, 2011, 2012, 2013, 2015, 2016, dan 2019.

Sementara dari sektor tunggal putri, Sofia Kenin menjadi juara, setelah menang atas Garbine Muguruza. Petenis berusia 22 tahun itu kini mencatatkan rekor sebagai juara Australia Terbuka termuda sejak 2008. Sebelumnya Maria Sharapova memenangkan turnamen itu pada usia 20 tahun.

16 Februari- Tim putra Indonesia menjuarai turnamen Badminton Asia Team Championships 2020. Kontingen Merah Putih meraih kemenangan 3-1 atas Malaysia pada partai final. Sayang, prestasi serupa gagal ditorehkan oleh Tim putri Indonesia. Mereka terhenti di babak perempat final usai kalah telak 0-3 dari Jepang, yang kemudian keluar menjadi juara.

Maret
13 Maret – Balapan pembuka Formula 1 (F1) 2020 GP Australia seharusnya berlangsung pada 15 Maret. Namun, pada akhirnya balapan ini harus dibatalkan beberapa hari sebelum ajang ini dimulai. Penyebabnya, sejumlah staf dari tim McLaren dinyatakan positif virus Corona. Demi mencegah penularan lebih lanjut, balapan dibatalkan, dan seluruh jadwal F1 mengalami penyesuaian.

15 Maret - Indonesia hanya mampu merebut satu gelar pada kejuaraan bulutangkis All England 2020. Gelar semata wayang itu bisa dipersembahkan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Sayang, duet Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus menjadi runner-up All England 2020, usai dikalahkan pasangan Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Turnamen ini merupakan yang terakhir pada 2020, sementara sisanya dibatalkan.

April
6 April - Khabib Nurmagomedov memutuskan batal tampil di UFC 249 untuk melawan Tony Ferguson. The Eagle dipastikan tidak bisa keluar dari negaranya karena kebijakan lockdown yang dikeluarkan pemerintah Rusia.

Keadaan itu memaksa UFC mengundur jadwal, yang tadinya 18 April menjadi 9 Mei. Justin Gaethje kemudian didelegasikan untuk mengisi posisi Khabib dalam menghadapi Ferguson.

25 April - Mantan juara tinju kelas berat, Mike Tyson, kembali berlatih fisik. Petinju berusia 53 tahun itu berniat kembali ke atas ring dalam sebuah pertarungan amal. Untuk membuktikan keseriusannya, Tyson kembali berlatih rutin di gym untuk mengasah fisiknya. Setelah itu, dia menjalin kontrak dengan Roy Jones sebagai lawannya untuk laga comeback-nya.

Mei
9 Mei – Meski tak dibintangi Khabib Nurmagomedov, UFC 248 tetap berlangsung seru. Tony Ferguson yang seharusnya menjadi lawan Khabib malah menelan kekalahan. Ferguson bahkan dipukul sampai KO oleh Justin Gaethje. Keadaan itu pun membuat Gaethje berhak menjadi lawan Khabib selanjutnya dalam memperebutkan gelar juara.

18 Mei – Legendaris bulu tangkis Indonesia Tontowi Ahmad resmi mengumumkan pensiun. Dia menyusul mantan rekannya di ganda campuran, Liliyana Natsir yang sudah gantung raket setahun sebelumnya.

Raihan terbaik Tontowi dan Butet, sapaan akrab Liliyana, adalah medali emas Olimpiade 2016 di Rio, Brasil. Saat itu, mereka merupakan satu-satunya atlet Indonesia yang mampu meraih gelar juara.

Juni
6 Juni - Bintang UFC Conor McGregor kembali mengumumkan pensiun dari dunia adu jotos yang telah membesarkan namanya. Keputusan itu diambil, karena tak mendapat pertarungan yang diinginkan.

Namun, ini bukan pertama kalinya McGregor memberi tahu dunia dirinya pensiun. Ini yang ketiga kali dia mengumumkan kabar tersebut lewat media sosial. Sebelumnya, dia melakukan hal seruupa pada 2016 dan 2019.

23 Juni - Petenis Serbia, Novak Djokovic positif Covid-19. Dia menjadi petenis ketiga yang tertular setelah mengikuti turnamen Adria Tour2020 yang diadakannya di Serbia, Kroasia, Montenegro, serta Bosnia pada 13 Juni hingga 5 Juli.

Sebelumnya, sejumlah petenis yang ikut turnamen itu, seperti Grigor Dimitrov dan Borna Coric, positif tertular. Djokovic bersama sang istri kemudian juga dipastikan terjangkit virus serupa.

25 Juni – Hari bersejarah bagi Liverpool. The Reds akhirnya bisa menjuarai lagi Liga Primer setelah menanti selama hampir 30 tahun atau sejak musim 1989/1990. Tingginya keunggulan dengan rival, membuat armada Juergen Klopp bisa juara dengan tujuh laga tersisa.

Liverpool dipastikan merajai Liga Primer musim 2019/2020 setelah mengalahkan Crystal Palace 4-0 di Anfield, serta ditambah kekalahan 1-2 Manchester City (Man City) di kandang Chelsea.

Juli
3 Juli - Khabib Nurmagomedov berduka, setelah sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia. Apalagi karier Khabib sangat terpengaruh dengan Abdulmanap. Keadaan itu sempat membuat Khabib sulit dihubungi oleh pihak UFC dan muncul rumor pensiun. Tetapi, Presiden UFC mengaku sengaja membiarkan petarungnya tenang lebih dulu.

19 Juli – Setelah beberapa balapan awal gagal digelar, akhirnya MotoGP 2020 resmi berlangsung. Fabio Quartararo menjadi pemenang balapan pembuka 2020, GP Spanyol. Namun, nasib sial dialami sang juara bertahan, Marc Marquez. Dia mengalami kecelakaan sampai cedera bahu. Buntutnya, dia tak bisa mengikuti sisa rangkaian MotoGP 2020.

Agustus
9 Agustus – F1 menggelar GP peringatan 70 tahun di sirkuit Silverstone, Inggris. Balapan pun berjalan menarik karena Max Verstappen meraih kemenangan dan mematahkan dominasi Mercedes-AMG. Padahal, Verstappen memulai balapan dari posisi keempat. Tetapi, berkat strategi pit-stop tepat, pembalap asal Belanda tersebut sukses memenangkan balapan yang bersejarah itu.

September
11 September - Tim bulu tangkis Indonesia resmi mengundurkan diri dari Piala Thomas dan Uber 2020. Ada beberapa alasan utama yang mendasari pengambilan keputusan ini.

Pertama, PBSI khawatir para atlet Merah Putih terpapar Covid-19 baik dalam perjalanan, di tempat transit atau di tempat pertandingan. Kedua, atlet dan ofisial ragu untuk mengikuti turnamen bergengsi ini karena tidak ada jaminan dari BWF.

13 September – Petenis Naomi Osaka berhasil memenangkan US Open 2020 usai mengalahkan Victoria Azarenka 1-6 6-3 6-3 pada babak final. Itu menjadi titel keduanya pada Grand Slam di Amerika Serikat tersebut setelah pernah meraihnya dua tahun lalu.
Sementara di sektor putra, Dominic Thiem berhasil menjadi juara, setelah bersaing ketat dengan Alexander Zverev, lewat laga lima set. Thiem menang dengan angka 2–6, 4–6, 6–4, 6–3 dan 7–6.

Oktober
11 Oktober - LA Lakers berhasil menjuarai NBA musim 2020. Trofi diraih setelah mengalahkan Miami Heat 106-93. Bagi Lakers, ini gelar juara ke-17 sepanjang sejarah. Mereka meraihnya setelah menantikan selama 10 tahun.

Lakers mempersembahkan gelar juara NBA 2020 untuk mendiang Kobe Bryant yang meninggal bersama putrinya Gianna dalam kecelakaan helikopter pada Januari lalu.

24 Oktober - Khabib Nurmagomedov resmi mengumumkan pensiun dari Mixed Martial Arts (MMA) usai menaklukkan Justin Gaethje pada UFC 254 di Fight Island Abu Dhabi. Khabib mengaku kepergian sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov yang meninggal dunia pada 3 Juli 2020 lalu jadi penyebab. Rupanya sang ibu tak memberikan Khabib restu jika tak bersama ayahnya.

November
15 November - Lewis Hamilton menjuarai Formula 1 (F1) 2020. Pembalap Mercedes tersebut memastikan gelar ketujuhnya usai menang di Sirkuit Istanbul Park, Turki. Dengan hasil itu, Hamilton menyamai rekor gelar dunia terbanyak milik Michael Schumacher. Selain itu, dia juga melampaui rekor kemenangan terbanyak, dengan 94 kali menang balapan.

15 November - Joan Mir memastikan gelar juara MotoGP 2020. Prestasi ini disandangnya pada balapan terakhir di 2020, GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Ini merupakan titel pertama Mir. Tetapi, Mir jadi pembalap keenam yang juara bersama Suzuki. Sebelumnya ada Bary Sheene, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, Kevin Schwantz, dan Kenny Roberts Jr.

21 November - Ricky Yacobi meninggal dunia. Mantan pesepak bola Timnas Indonesia tersebut diduga mengalami serangan jantung. Sebelum meninggal, Ricky sedang bermain sepak bola dengan teman-temannya. Menurut pengakuan salah satu rekannya, Ricky terjatuh ketika melakukan selebrasi usai mencetak gol.

25 November - Legenda sepak bola Argentina Diego Maradona meninggal dunia pada usia 60 tahun. Mantan megabintang Napoli itu meninggal akibat serangan jantung. Pelatih Gimnasia itu dirawat di rumah sakit sejak awal November, beberapa hari setelah merayakan ulang tahun. Dia sempat mengeluh kondisinya menurun dan kelelahan.

28 November - Pertarungan Mike Tyson vs Roy Jones Jr berakhir tanpa pemenang. Duel amal ini akhirnya imbang dengan skor 76-76.

Masing-masing petinju memenangkan empat ronde. Meski demikian, pejuangan keduanya patut diapresiasi. Sebab keduanya telah mempersiapkan diri untuk laga comeback di tengah usia yangtak muda lagi. Tyson sudah berusia 54 tahun. Sedangkan Jones 51 tahun.

Desember
1 Desember – Daftar atlet terpapar virus Corona bertambah panjang. Teranyar dialami pembalap tim F1 Mercedes-AMG Lewis Hamilton. Akibat paparan ini, pembalap berkebangsaan Inggris tersebut bakal absen di Grand Prix (GP) Sakhir 2020 di Bahrain International Circuit.

Sebagai pengganti, Mercedes mendelegasikan George Rissel. Beruntung bagi Hamilton, dia sudah memastikan gelar juara. Namun, performanya setelah kembali sedikit menurun dan berat badannya berkurang 4 kg.

10 Desember - Pesepak bola legendaris Timnas Italia Paolo Rossi meninggal dunia di usia 64 tahun. Dia mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan sakit. Rossi tercatat mencetak enam gol pada Piala Dunia 1982, termasuk hattrick dalam kemenangan epik 3-2 Italia atas Brasil, saat dia membawa negaranya meraih gelar juara dunia untuk ketiga kalinya.

18 Desember - Rusia dihukum dua tahun tak boleh berpartisipasi pada seluruh ajang olahraga internasional akibat skandal doping yang menjerat negara tersebut. Sanksi tersebut diputuskan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Hukuman tersebut berkurang dari tuntutan semula yang diajukan Badan Antidoping Dunia (WADA) pada Desember 2019 yang meminta Rusia dihukum empat tahun.

Keputusan tersebut akan membuat para atlet Rusia tak dapat bertanding menggunakan nama, bendera, dan lagu kebangsaannya dalam berbagai kejuaraan internasional, termasuk Olimpiade Tokyo 2021, Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dan Piala Dunia 2022 Sepak Bola di Qatar.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)